FLUKTUASI HARGA TBS PETANI PLASMA DAN SWADAYA (Studi Kasus : Koperasi Unit Desa Sinar Kerakap Dusun Pulau Kerakap Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo)

Evo Afrianto, Suraida Hutabarat, Asminar Asminar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan harga tandan buah segar (TBS) petani Plasma dan petani Swadaya di KUD Sinar Kerakap Desa Pulau Kerakap Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo dan untuk mengetahui korelasi harga tandan buah segar petani Plasma dan petani Swadaya di KUD Sinar Kerakap Desa Pulau Kerakap Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo.

            Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui perkembangan harga tandan buah segar (TBS) petani Plasma dan petani Swadaya di KUD Sinar Kerakap Desa Pulau Kerakap Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo, hasil data harga yang diperoleh kemudian diuji korelasinya dengan menggunakan uji Korelasi Sederhana dengan Rumus Pearson.

            Hasil penelitian menunjukan perkembangan harga tandan buah segar berfluktuasi pada Petani Plasma dan petani Swadaya di KUD Sinar Kerakap Dusun Pulau Kerakap Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo, dimana plasma harga tertinggi pada tahun 2016 yaitu pada bulan Mei dan harga terendah pada tahun 2016 Januari sedangkan pada tahun 2017 tertinggi pada bulan Mei dan terendah pada tahun 2017 yakni Bulan Januari. Terdapat korelasi yang positif antara harga TBS petani plasama dan petani swadaya dengan nilai Koefisien Korelasi sebesar 0.953, berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang erat dan bentuk hubungannya adalah Linear Positif. Artinya jika terjadi kenaikan harga pada TBS Petani Plasma maka akan terjadi pula kenaikan harga TBS pada Petani Swadaya, begitupun sebaliknya, jika terjadi penurunan harga TBS Petani Plasma maka harga TBS pada Petani Swadaya juga akan turun.

Kata Kunci: Harga TBS, Petani Plasma dan Swadaya


Keywords


Harga TBS, Petani Plasma dan Swadaya

Full Text:

PDF

References


A.Rahman. 2018. Identifikasi Faktor Penentu Besaran Indeks “K” Dan Kebijakan Penetapan Harga TBS Kelapa Sawit Pola Kemitraan Di Kabupaten Muaro Jambi. Journsl of Agribusiness and Local Wisdom eISSN: 2621-1300 (e); 2621-1297 (p), Volume 1. no (1) 2018

Atmaja, L.S. 2009. Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : Penerbit Andi

Daniel, Moehar. 2003. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara: Jakarta.

Direktorat Jenderal Perkebunan, 2018. Statistik Perkebunan Indonesia. Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian. Jakarta.

Eka Ernia Lestari. 2015. Studi Komparatif Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat Pola Plasma dan Pola Swadaya dalam Menghadapi Sertifikasi RSPO (Studi Kasus Desa Bukit Lembah Subur Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau). Jurnal SOROT, Volume 10, Nomor 1, April 2015.

Gustiyana, H. 2003. Analisis Pendapatan Usahatani untuk Produk Pertanian. Salemba empat, Jakarta.

Hernanto. 1994. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta

Nazir. 2005. Metodelogi Penelitian. Ghalia Indonesia: Bogor

Mankiw, N. Gregory, 2006, Makro Ekonomi, Terjemahan, Edisi 6, Erlangga,. Jakarta

Moh. Nazir. (1998). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta

Mubyarto. 1991. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES. Jakarta.

Mukmin Pohan. 2010. Dampak Penurunan Harga Sawit Terhadap Kesejahteraan Petani Sawit di Pantai Timur Sumatera Utara. Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Pahan, Iyung. 2008. Panduan Lengkap Kelapa Sawit: Manajemen Agribisnis dari Hulu hingga Hilir. Penebar Swadaya.

Risza, Suyatno. 1994. Kelapa Sawit (Upaya Peningkatan Produktivitas). Kanisius. Yogyakarta.

Rukaiyah dkk, 2017. Buku panduan Petani Mandiri Menuju sertifikasi minyak sawit berkelanjutan. Yayasan SETARA Jambi bersama dengan GAPOKTAN Tanjung Sehati.

Sadono Sukirno. 2008. Mikroekonomi: Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Salvatore Dominick. 1997. Mikroekonomi. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga

Sihotang, Benediktus. 2010. Budidaya Kelapa Sawit. http://www.ideelok.com/budidaya tanaman/kelapa-sawit.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Soekartawi. 1995. Ilmu Usahatani dan Penelitian untuk Pembangunan Petani Kecil. UI Press. Jakarta.

Widodo, Suseno. 1990. Indikator Ekonomi Dasar Perhitungan Perekonomian Indonesia. Jakarta: KANISIUS




DOI: http://dx.doi.org/10.36355/jas.v4i1.359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAS (Jurnal Agri Sains)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



JAS (Jurnal Agri Sains) online ISSN 2581-0227 is published by Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo