TIK bagi Guru Sekolah Pesisir Dusun Ai Bari melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menghadapi Digitalisasi Pendidikan Era Merdeka Belajar
Abstract
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang sangat pesat tidak terkecuali di bidang pendidikan. Perkembangan TIK di bidang pendidikan membawa dampak positif salah satunya berbagai aplikasi yang dapat membantu dalam mengembangkan media Pembelajaran interaktif. Keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif sangat kurang karena beberapa alasan seperti sarana prasarana yang kurang memadai, pengetahuan terkait aplikasi pengembangan masih rendah. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan pelatihan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis TIK. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah (1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SMP Negeri 2 Moyo Utara dalam mengembangkan media pembelajaran interakti berbasis TIK menghadapi digitalisasi Pendidikan Era Merdeka Belajar. Pelatihan ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Moyo Utara yang diikuti oleh 14 orang Guru dengan metode pelaksanaan ada 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil keterlaksanaan kegiatan dapat disimpulkan bahwa Kegiataan PKM telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Indikator keberhasilan dapat dilihat dari angket Pretest dan posttest yang diisi oleh guru yang mengalami peningkatan 25%. Keberhasilan kegiatan juga dilihat dari hasil observasi pada saat pelatihan antusiasme guru dalam mengikuti kegiatan serta karya guru dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif.
Full Text:
PDFReferences
Balanskat,A.,Blamire,R.,&Kefala,S. 2006. A review of studies of ICT impacton schools in Europe:European Schoolnet.
Basak, S.K. and Govender, D.W. 2015, “Development of a conceptual framework regarding the factors inhibiting teachers’ successful adoption and implementation of ICT in teaching and learning”, The International Business & Economics Research Journal Online, Vol. 14 No. 3, pp. 431 438.
Hermansyah, H., Yahya, F., Fitriyanto, S., Musahrain, M., & Nurhairunnisah, N. (2020). Kemandirian Belajar Calon Guru Fisika Melalui Pembelajaran Berbasis LMS: Schoology. Indonesian Journal of STEM Education, 2(1), 34-42.
Mirzajani. 2016. “Teachers’ acceptance of ICT and its integration in the classroom,” Quality Assurance in Education, Vol. 24 No. 1, pp. 26-40
Papanastasiou, E.C. and Angeli, C. 2008, “Evaluating the use of ICT in education: psychometric properties of the survey of factors affecting teachers teaching with technology SFA-T3”, Educational Technology & Society, Vol. 11 No. 1, pp. 69-86.
Puspadewi, I., Sulindra, G., & Sentaya, I. M. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Materi Panca Indra Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Pelat Kecamatan Unter Iwes Tahun Pelajaran 2018/2019. JurnalKependidikan,3(2),33-42.
Suharli, S., Haris, A., & Fitriyanto, S. (2020). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SKENARIO PEMBELAJARAN GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI AI BARI SUMBAWA BESAR. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 3(2), 189-193.
Syafruddin., Noviati, W, Lestari, D, L., Ramdhayani, Y., Merd ekawaty, A., Sugiarto, S. 2021. Pendampingan Belajar Dari Rumah (BDR) Siswa Mts Al-Muddatsiriyah Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat APTEKMAS. 4 (2); 14-19 http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix
Turrahmi, N., Yahya, F., & Erfan, M. (2018). Pengembangan media pembelajaran video berbasis microsoft office power point pada materi objek IPA dan pengamatannya untuk SMP kelas VII. QUARK: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika Dan Teknologi, 1(1), 1-10.
Ward, L. and Parr, J.M. 2010. “Revisiting and reframing use: implications for the integration of ICT”, Computers & Education, Vol. 54 No. 1, pp. 113-122.
Refbacks
- There are currently no refbacks.