PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM KEGIATAN PEMASARAN DI DESA TANJUNG AUR KECAMATAN TEBO ULU KABUPATEN TEBO

ISYATURRIYADHAH AMIN, FIKRIMAN LUKMAN

Abstract


Media social terbukti mampu menjadi saluran promosi karena interaktif, fleksibel, dan menyajikan fitur-fitur mendukung promosi. Perkembangan zaman menghasilkan beragam media social yang sangat popular. Permasalahan pada generasi millennial yang ada di Desa Tanjung Aur Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo adalah bahwa generasi milenial yang ada sangat berpotensi dalam melakukan kegiatan entrepreneurship akan tetapi sampai sejauh ini belum ada pembinaan khusus yang dilakukan terkait entrepreneurship khususnya pemasaran melalui media social. Melihat kenyataan yang ada maka solusinya adalah memberikan pelatihan tentang pemanfaatan media social dalam hal ini pelatihan pembuatan blog pribadi. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan generasi milenial yang ada di Desa Tanjung Aur Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo.

Kegiatan ini menggunakan pendekatan bersifat social live edukatif dengan metode Penyuluhan dan Pelatihan/Praktek serta Diskusi dan Transfer Teknologi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan Pelatihan yang dilaksanakan berjalan dengan baik dan lancar, baik pada saat sosialisasi atau penyuluhan, pelatihan maupun pada saat kegiatan praktek pembuatan akun blog pribadi. Kegiatan ini mampu meningkatkan motivasi peserta karena peserta mendapatkan ilmu dan wawasan baru terkait dengan pemanfaatan media social dalam kegiatan pemasaran produk melalui akun blog pribadi. Kegiatan pelatihan yang  diselenggarakan di Desa Tanjung Aur Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo ini dapat membantu peserta dalam melakukan promosi penjualan produk dengan jangkauan yang lebih luas dan diharapkan dapat meningkatkan pendapatan melalui penjualan menggunakan media social.

 

Kata Kunci : Media Sosial, Pemasaran dan Blog


Full Text:

PDF

References


Bakti, dkk., t.t. Pelatihan Komunikasi Pariwisata Berbasis Media Sosial (Instagram) di Kabupaten Pangandaran. Diakes 17 juni 2021.

Bangun, D. A dan Prastiwinarti, W., 2018. Buku Profil Sebagai Media Promosi Kampung Wisata Adat Urug Bogor.

https://blog.sribu.com/id/pengertian-media-sosial/. Diakses 12 Februari 2021.

https://id.wikipedia.org/wiki/Transfer_teknologi. Diakses 12 Februari 2021.

Isnanda,E.R., dkk., 2018. Analisis Penggunaan Media Sosial Untuk Mendukung Pemasaran Produk UMKM (Studi Kasus Kabupaten Subang, Jawa Barat)

Poynter, Ray. 2010. The Handbook of Online and Social Research: Tools and Techniques for Market Researchers. UK: Wiley.

Sinaga, dkk., 2018. Workshop Komunikasi Pemasaran Berbasis Media Sosial Dalam Mendukung Usaha Pengrajin Alat-Alat Pertanian Di Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Diakses 17 Juni 2021.

Stanton, William. J., 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Suryadana, Liga dan Octava, V., 2015. Pengantar Pemasaran. Alfabeta. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.