POLA PEMASARAN IKAN LAUT DI PASAR BALAI SELASA KECAMATAN RANAH PESISIR KABUPATEN PESISIR SELATAN PROVINSI SUMATRA BARAT

Frengki Yusma, Junaidi Junaidi, Rini Hertati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jalur pemasaran Ikan Laut
di Pasar Balai Selasa Kecamatan Ranah Pesisir, menganalisis margin pemasarn Ikan
Laut, serta menganalisis bauran pemasaran.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan cara
mengamati langsung kelapangan bagaimana pola pemasaran ikan laut dari produsen
sampai kepada konsumen akhir. Responden terdiri dari Nelayan, dan pedagang
pengecer. Data yang diambil pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
Lembaga niaga pemasaran hasil perikanan Laut dipasar Balai Selasa
Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan terdiri dari produsen atau nelayan,
perantara, pedagang pengecer untuk dijual kepada konsumen akhir dalam jumlah yang
kecil.
Dari hasil analisis dapat diperoleh besar biaya pemasaran dari produsen sampai
kepada konsumen mencapai 25,00% sampai 33,33%. Pemasaran akan berjalan dengan
baik bila margin dari produsen ke konsumen maksimum 35% (Angipora, 1999)
Dari analisis hasil bauran pemasaran terdapat empat faktor yang mempengaruhi
keputusan konsumen untuk membeli produk perikanan, ke empat faktor tersebut adalah
Produk (product), Harga (price), Promosi (promotion), dan Distribusi (place).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.