STUDI IDENTIFIKASI DAN KEANEKARAGAMAN JENIS IKAN YANG TERTANGKAP DI PERAIRAN DAM BETUK KECAMATAN TABIR LINTAS KABUPATEN MERANGIN

Kasmawati Kasmawati, Rini Hertati, Djunaidi Djunaidi

Abstract


Penelitian tentang keanekaragaman jenis ikan di DAM Betuk merupakan sebuah upaya untuk menunjang kepentingan pelestarian jenis ikan dan sebagai salah satu imformasi awal pertimbangan dalam kebijakan pengelolaan kawasan karena masih terbatasnya data base mengenai jenis ikan yang terdapat di DAM Betuk.

. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan keanekaragaman jenis ikan yang tertangkap di Perairan Dam Betuk Desa Tambang Baru Kecamatan Tabir Lintas Kabupaten Merangin.

Metode   penelitian   yang   digunakan  Metode Survei dan eksperimen dengan melakukan Penangkapan Ikan dengan menggunakan 3 jenis alat tangkap di antaranya, Jala Tebar,Bubu, dan Pancing  kemudian Ikan yang didapatkan diidentifikasi dan diklasifikasikan berdasarkan pada buku acuan Saanin (1984) Jilid I dan II Setelah di identifikasi sampel ikan di foto.

Berdasarkan  Dari Hasil Penelitian Jenis –jenis ikan yang tertangkap di sungai Perairan Dam Betuk antara lain: Ikan Gabus (Channa gachua), Nalis, (Labio barbus lineatus), Kepyur (Barbodes lateristiga), Puyu (Anabas testudineus), Masai (Mystacoleucus marginatus), Puyou (Osteochilus waandersii) Baung (Hemibagrus sp), Tilam (macrognatus culatus).

Indeks keanekaragaman jenis ikan pada masing-masing stasiun yakni :Stasiun I Satu Kilo meter (Km) dari Bendungan Dam Betuk kearah hulu Perairan Dam Betuk sebesar 1.18 Stasiun II di Pertengahan Perairan Dam Betuk sebesasar 1.64 Stasiun III di area Bendungan Dam Betuk sebesar 1.74 yang berarti tingkat Keanekaragaman (Hi) jenis Ikan di Perairan Dam Betuk  masuk dalam kategori Sedang.

 

 

Kata Kunci  : Eksperimen,  Identifikasi Ikan, Keanekaragaman Ika,n Dam Betuk


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.