https://www.linuxxstore.my.id/ https://www.belajarhtmldancss.site/ https://www.jasadesignwebsite.my.id/ https://www.giaidacbiet.net/ https://www.yosiwarasaiken.net/ https://www.gaetanodonizetti.net/ https://www.rainbowlanding.com/ https://www.vnfosxd.com/ https://www.maxbet55.my.id/ https://www.desakupekalongan.id/ SBOBET
ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS TANAMAN HIAS DENGAN PENDEKATAN MODEL BISNIS KANVAS (Studi Kasus Pada Kios Tanaman Hias Vinang Merah) | Herlina | JAS (Jurnal Agri Sains)

ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS TANAMAN HIAS DENGAN PENDEKATAN MODEL BISNIS KANVAS (Studi Kasus Pada Kios Tanaman Hias Vinang Merah)

Herlina Herlina

Abstract


Usaha skala mikro hendak terus didorong agar menjadi usaha besar, diperlukan model bisnis yang cocok untuk pengembangan usaha, salah satunya dengan model bisnis kanvas.Model bisnis tergambar kondisi internal dan eksternal usaha melalu tampilan Sembilan elemen bisnis.Pendekatan ini digunakan untuk pengembangan kios tanaman hias Vinang Merah Kota Jambi.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi model bisnis yang dijalankan kios tanaman hias Vinang Merah; (2) Mengidentifikasi  faktor eksternal dan internal yang memengaruhi model bisnis kanvas; (3) Merancang model bisnis kanvas pengembangan bisnis di masa depan. Metode yang digunakan adalah model bisnis kanvas dan SWOT.Hasil analisis menunjukkan bahwa dibutuhkan pengembangan di semua (Sembilan)elemen model bisnis kanvas.Berfokus pada kegiatan kreatifitas penambahan koleksi tanaman hias dan pemasaran digital mulai dari menambah koleksi tanaman hias anggrek, anting putri, varian baru, vertical garden, penjualan sistem arisan, memiliki database pelanggan, bermitra dengan tim IT, membentuk tim marketing online, membuat sistem informasi penjualan berbasis digital yang akan mempengaruhi elemen elemen lainnya sehingga mampumembentuk brand bagi kios tanaman hias Vinang Merah yang pada gilirannya akan meningkatkan aliran pendapatan. Saran manajemen usaha kios tanaman hias Vinang Merah agar melakukan peningkatan pada elemen value proposition, channels, dankey partnership untuk pengembangan model bisnis yang sudah ada.

 Kata kunci: Tanaman hias;model bisnis kanvas;analisis swot

 

Abstract

Micro scale businesses want to continue to be encouraged to become big businesses, a suitable business model is needed for business development, one of which is the canvas business model. The business model depicts the internal and external conditions of the business through the display of nine business elements. This approach is used for the development of the Vinang Merah ornamental plant kiosk in Jambi City. The objectives of this study are (1) to identify the business model of the Vinang Merah ornamental plant kiosk; (2) Identifying external and internal factors that affect the canvas business model; (3) Designing a business model canvas for future business development. The method used is the canvas business model and SWOT. The results of the analysis show that development is needed in all nine elements of the canvas business model. focusing on creative activities for adding ornamental plant collections and digital marketing, starting from adding a collection of ornamental orchids, princess earrings, new variants, vertical gardens, selling social gathering systems, having a customer database, partnering with the IT team, forming an online marketing team, creating a sales information system. digital-based which will influence other elements so as to be able to form a brand for the Vinang Merah ornamental plant kiosk which in turn will increase the revenue stream. Suggestions for the business management of the Vinang Merah ornamental plant kiosk to make improvements to the value proposition, channels, and key partnership elements for the development of existing business models.

 Keywords: ornamental plants; canvas business model; SWOT analysis


Keywords


Tanaman hias;model bisnis kanvas;analisis swot

Full Text:

PDF

References


Arman, A., & Saf’an, M. (2019). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tanaman Hias Berbasis Online Sebagai Media Promosi Bagi Salman KS Flowers. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 64–76.

Asminar, A., Vera, A. A., & Is, A. (2020). Strategi Pengembangan Keripik Jamur Tiram Putih di Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo (Studi Kasus Home Industry Fiisa Group). JAS (Jurnal Agri Sains), 4(2), 92–107.

Badan Pusat Statistik. (2019). Jambi City

in Figures 2019 1. 219.

Faradella, B. F., & Putri, F. D. (2021). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kenaikan Penjualan Tanaman Hias Kios Rachel Di Desa Rembang, Kabupaten Kediri.Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 456–460.

Mustofa, D., Nurfaizal, Y., Innolda, D., & Al Azhar, N. (2021). Pelatihan Penggunaan Market Place sebagai Media Pemasaran Online di Paguyuban Tanaman Hias Desa Ciberem untuk Memperluas Pemasaran di Era Pandemi. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 45–49.

Noviana, A., Indriani, Y., & Situmorang, S. (2014). Perilaku Konsumen dalam Pembelian Tanaman Hias di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 2(1), 77–85.




DOI: https://doi.org/10.36355/jas.v6i1.807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAS (Jurnal Agri Sains)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

slot dana

 


JAS (Jurnal Agri Sains) online ISSN 2581-0227 is published by Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo 

slot raffi ahmad 777