PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, KUALITAS PELATIHAN, PENGALAMAN KERJA, PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI APARATUR DESA TERHADAP PEMAHAMAN LAPORAN KEUANGAN DESA (Studi Kasus Pada Desa di Kecamatan Bathin II Babeko Kabupaten Bungo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, kualitas pelatihan, pengalaman kerja, pemahaman akuntansi dan penggunaan teknologi informasi aparatur desa terhadap pemahaman laporan keuangan desa. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada aparatur desa Kecamatan Bathin II Babeko Kabupaten Bungo dengan populasi berjumlah 57 aparatur desa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 aparatur desa yang diperoleh menggunakan teknik pengambilan sampel purpose sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan, kualitas pelatihan dan pemahaman akuntansi secara parsial tidak berpengaruh terhadap pemahaman laporan keuangan desa, pengalaman kerja dan penggunaan teknologi informasi secara parsial berpengaruh terhadap pemahaman laporan keuangan desa, serta tingkat pendidikan, kualitas pelatihan, pengalaman kerja, pemahaman akuntansi dan penggunaan teknologi informasi aparatur desa secara simultan berpengaruh terhadap pemahaman laporan keuangan desa. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,447. Hasil ini berarti bahwa ada kontribusi sebesar 44,7% (sedang) dari variabel-variabel yang diteliti. Sedangkan sisanya sebesar 55,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Pemahaman Laporan Keuangan Desa, Tingkat Pendidikan, Kualitas Pelatihan, Pengalaman Kerja, Pemahaman Akuntansi dan Penggunaan Teknologi Informasi
This study aims to determine the effect of education level, quality of training, work experience, understanding of accounting and the use of information technology of village officials on understanding of village financial statements. This study uses primary data by distributing questionnaires to village officials in Bathin II Babeko District, Bungo Regency with a population of 57 village officials. The sample in this study amounted to 40 village officials obtained using a purpose sampling sampling technique. The results showed that the level of education, quality of training and understanding of accounting partially had no effect on understanding village financial statements, work experience and use of information technology partially affected understanding of village financial statements, as well as level of education, quality of training, work experience, understanding of accounting and the use of information technology for village apparatus simultaneously affects the understanding of village financial statements. The value of the coefficient of determination (Adjusted R Square) is 0.447. This result means that there is a contribution of 44.7% (medium) of the variables studied. While the remaining 55.3% is influenced by other variables not examined in this study.
Keywords: Understanding of Village Financial Statements, Education Level, Quality of Training, Work Experience, Understanding of Accounting and Use of Information Technology
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36355/jiab.v1i2.716
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis
Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis is published by Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muara Bungo

11.png)
