ANALISIS KARAKTERISTIK DAN POLA PARKIR DI BADAN JALAN (Studi Kasus: Jl. Kemas Tabror, Sengeti, Muaro Jambi)
Randi Kairu Septiawan, Ade Nurdin, Dyah Kumala Sari
Abstract
Parkir di badan jalan merupakan parkir dengan menggunakan badan jalan yang sebenarnya diperuntukkan untuk pergerakan arus lalu lintas. Berdasarkan data pada Badan Pusat Statistik (BPS) Muaro Jambi (2019) jumah kendaraan bermotor di Muaro Jambi mencapai 163.598 unit, salah satu penyebab terjadi penurunan tingkat pelayanan pada ruas jalan adalah kemacetan yang terjadi dikarenakan adanya aktivitas perparkiran di badan jalan. Salah satu jalan yang terdapat banyak kendaraan parkir di badan jalan adalah Jl. Kemas Tabror yang berada di Kelurahan Sengeti, Kecamatan Sekernan, Muaro Jambi ini terdapat beberapa pusat kegiatan berupa pusat pasar, pertokoan dan restoran yang menimbulkan tarikan perjalanan yang mempengaruhi parkir pada badan Jl. Kemas Tabror. Tujuan dari penelitian ini untuk mengindentifikasi karakteristik dan pola parkir di badan jalan serta memberikan solusi yang tepat untuk menangani permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan survei langsung di Jl. Kemas Tabror , Sengeti, Muaro Jambi dengan pengambilan data volume parkir, durasi parkir, akumulasi parkir, selama 3 hari yaitu hari sabtu, minggu dan senin dengan waktu pengambilan data selama 12 jam/hari. Untuk kendaraan ringan. volume parkir yang tertinggi selama 12 jam adalah 171 kendaraan yaitu pada hari senin, akumulasi tertinggi adalah 45 kend/jam pada hari senin, indeks parkir tertinggi adalah 13.33% sebanyak 8 kendaraan pada hari senin pukul 07.00 -08.00 WIB Hal ini menunjukkan bahwa pada pukul tersebut ruang parkir yang di gunakan hanya sebesar 13,33 % dari total keseluruhan ruang parkir yang berada di kawasan pasar sengeti segmen Jl. Kemas Tabror, tingkat pergantian parkir sebesr 0.2375 kend/SRP/jam untuk kendaraan ringan rata-rata waktu parkir per kendaraan kurang dari 1 (satu) jam, kebutuhan ruang parkir atau petak parkir unrtuk kendaraan ringan adalah 8 kendaraan.volume parkir yang tertinggi selama 12 jam adalah 738 kendaraan yaitu pada hari senin, akumulasi tertinggi adalah 92 kend/jam pada hari senin, jam indeks parkir tertinggi adalah 16.67% sebanyak 25 kendaraan pada hari senin pukul 08.00 -09.00 WIB Hal ini menunjukkan bahwa pada pukul tersebut ruang parkir yang di gunakan hanya sebesar 16,67 % dari total keseluruhan ruang parkir yang berada di kawasan pasar sengeti segmen Jl. Kemas Tabror, tingkat pergantian parkir sebesr 0.41 kend/SRP/jam untuk kendaraan ringan rata-rata waktu parkir per kendaraan kurang dari 1 (satu) jam, kebutuhan ruang parkir atau petak parkir unrtuk kendaraan sepeda motor adalah 75 kendaraan.
Keywords
Parkir di badan jalan, Pola Parkir
References
Basri, Aisyah. 2017. Analisis Dampak Parkir Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Sekitar Mall Panakkukang Kota Makassar. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.
Direktorat Jenderal Bina Marga (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia ( MKJI). Jakarta: Bina Marga.
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta: Ditjen Perhubungan Darat.
Hoobs, F.D. 1995. Perencanaan dan teknik Lalu Lintas. Diterjemahkan oleh Suprapto TM dan Waldijino. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Oppenlander, J.C. and Box P.C. (1976). “Manual of Traffic Engineering studies,. 4 th ed.” Institute of Transportation Engineering Washington DC
Sitompul, Farisan. 2011. Analisis Kapasitas Ruang Parkir Sepeda Motor Kawasan Fip, Fis, Fe, Dan Fh Universitas Negeri Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Warpani. 2002. Optimalisasi Taman Parkir di Kawasan Pasar Klewer Solo. Yogyakarta: Universitas Atma Haya Yogyakarta.
Winaya, Putu Preantjaya. 2017. Analisis karakteristik dan solusi parkir dibadan jalan (Studi kasus: Denpasar Bali). Bali: Universitas Udayana.
DOI:
https://doi.org/10.36355/jkts.v3i1.780
Copyright (c) 2022 Jurnal KOMPOSITS
Jurnal Komposits, Online ISSN 2721-7256 (Online) is Published by Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muara Bungo