EVALUASI PERKERASAN JALAN MENURUT METODE BINA MARGA DAN PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) (Studi Kasus: Jalan Simpang Pondok – Pidung, Kerinci)

Abil Abil, Harmes Hames, Ade Nurdin

Abstract


Jalan Simpang Pondok – Pidung, Kerinci merupakan salah satu jalan alternatif rute Bangko – Kerinci. Jalan tersebut juga merupakan salah satu penunjang ekonomi dan wisata bagimasyarakat setempat diamana jalan ini merupakan salah satu akses ke salah satu wisata di Provinsi Jambi yaitu Danau Kerinci. Salah satu faktor yang membuat kinerja jalan ini kurang baik adalah kerusakan jalan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi perkerasan Jalan Simpang Pondok – Pidung dengan menggunakan metode Bina Marga dan metode PCI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jalan Simpang Pondok – Pidung Kab. Kerinci, jenis kerusakan yang terdapat pada STA 0+000 s.d 8+500 yaitu, kerusakan retak kulit buaya, kerusakan retak memanjang, sungkur, kerusakan amblas, kerusakan lubang, kerusakan mengembang jembul. Hasil analisis kerusakan jalan dengan metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina marga, untuk ruas jalan Simpang Pondok – Pidung dari STA 0+000 s.d 8+500 di dapatkan hasil rata-rata nilai PCI 70,52 dimana kondisi perkerasan pada kategori Baik (Good). Sedangkan hasil analisis kerusakan bina marga untuk jalan Simpang Pondok – Pidung STA 0+000 s.d 8+500 yaitu nilai prioritas perbaikan jalan berada pada rentang 6 yang menunjukan jalan tersebut dimasukan ke dalam Pemeliharaan Berkala. Penanganan yang dilakukan pada kerusakan ruas jalan Simpang Pondok – Pidung dari STA 0+000 s.d 8+500 untuk jenis kerusakan retak kulit buaya, sungkur, dan mengembang jembul dapat diperbaiki dengan cara alternatif dilakukannya pengelupasan lalu dilapisi kembali dengan lapisan bahan yang sesuai seperti burtu, burda, dan lataston. Sedangkan lubang dapat diperbaiki dengan dilapisi tack coat dan campuran aspal. Amblas ≤5 cm diisi dengan lataston, dan amblas ≥5 cm diperbaiki dengan pembongkaran lalu dilapisi kembali dengan lapisan yang sesuai. Untuk retak memanjang diisi campuran aspal cair dan pasir pada celah retakan

Keywords


Kapasitas Jalan, Kinerja Jalan, Hambatan Samping.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. 1995. Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Jalan Provinsi Jilid II. Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2017. SE Dirjen Bina Marga No 07/SE/Db/2017 tentang Panduan Pemilihan Teknologi Pemeliharaan Preventif Perkerasan Jalan.

Direktorat Pembinaan Jalan Kota. 1990. Tata Cara Penyusunan Pemeliharaan Jalan Kota (No. 018/T/BNKT/1990). Direktorat Jendral Bina Marga

Ramli, Yuswardi dkk (2018). Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus Ruas Jalan Beureunuen – Batas Keumala). Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala, 1 Special Issue(3), 761-768

Sunarjono, Tri (2006). Evaluasi Engineering Bahan Perkerasan Jalan Menggunakan RAP dan Foamed Bitumen. Jurnal eco REKAYASA, 2(2), 65-71.

Shahin, M. Y. 1994. Pavement Management for Airport, Roads, and Parking lots. Chapman & Hill, New York

Triyanto dkk (2019). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan pada Lapis Permukaan Ruas Jalan Tegar Beriman Kabupaten Bogor. 8(2), 70-79.

Yamali, Fakrul Rozi dkk (2019). Kajian Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Analisis Komponen (Studi Kasus Peningkatan Jalan Simpang Talang Babat – Pangkal Bulian Kabupaten Tanjung Jabung Timut). Jurnal Talenta Sipil, 2(2), 57-66.




DOI: https://doi.org/10.36355/jkts.v3i2.869

Copyright (c) 2022 Jurnal KOMPOSITS

Jurnal Komposits, Online ISSN 2721-7256 (Online) is Published by Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muara Bungo