EVALUASI KINERJA HALTE TRANS SIGINJAI KOTA JAMBIPADA TRAYEK KORIDOR I TRAYEK TELANAIPURA – PIJOAN

Rian Wahyudi, Ade Nurdin, Dyah Kumalasari

Abstract


Evaluasi kinerja halte sangat perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi eksisting halte. Hasil dari evaluasi kinerja halte sangat membantu dalam memberbaiki kinerja halte yang sesuai dengan standar. Metode yang digunakan untuk mengetahui kinerja halte adalah mengunakan Pedoman Teknis Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Tahun 1996. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui kinerja halte berdasarkan Pedoman Teknis Perekayasaan Tempat Perhentian Kendaraan Penumpang Umum Direktur Jenderal Perhubungan Darat tahun 1996. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan survei lapangan dengan mengukur jarak antar halte dan survei frekuensi kendaraan selama tiga hari pada titik yang telah di tentukan. Setelah mendapatkan data – data dari lapangan selanjutnya dilakukan analisis dengan metode mengunakan Pedoman Teknis Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Tahun 1996. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah fasilitas halte, lokasi halte dan tata letak halte masih dijumpai beberapa yang belum memenuhi standar. Waktu antara (headway) rata-rata trayek Telanaipuran – Pijoan adalah sebesar 50,75 menit termasuk dalam kategori kurang, Waktu tunggu penumpang rata-rata trayek Telanaipura – Pijoan adalah sebesar 25,33 menit termasuk dalam kategori sedang


Keywords


Kinerja halte,evaluasi, trayek

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Dwi (2018). Evaluasi Kinerja Operasional dan Pelayanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Siginjai Pada Koridor I Trayek Telanaipura – Pijoan: Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil, FT Universitas Jambi.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat. 1992. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1992 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Jakarta: Departemen Perhubungan.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat. 1999. Indikator kinerja operasional angkutan umum. Jakarta: Departemen Perhubungan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat tahun, 1996. Pedoman Teknis Perekayasaan Tempat Perhentian Kendaraan Penumpang Umum. Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Nurfadli, Muhammad dkk (2015). Evaluasi Kinerja Angkutan Massal “Bus Rapid Transit” Pada Koridor Rajabasa - Sukaraja. JRSDD, 1(1), 205-220.

Pratomo, Agung Bayu. 2015. Analisis Kinerja Bus Trans Jogja (Studi Kasus Rute 4A dan 4B). Tugas Akhir. Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Savitri, Aris dkk (2017). Kajian Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Transpakuan Bogor (Studi Kasus: Pelayanan di Halte dan Pelayanan di dalam Bus Transpakuan Bogor). Jurnal Rekayasa Sipil ASTONJADRO, 6(2), 97-103.

Yamali, Fakrul Rozi dkk (2019). Kajian Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Analisis Komponen (Studi Kasus Peningkatan Jalan Simpang Talang Babat – Pangkal Bulian Kabupaten Tanjung Jabung Timut). Jurnal Talenta Sipil, 2(2), 57-66.

Warpani, Suwardjoko. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung : Penerbit ITB.




DOI: https://doi.org/10.36355/jkts.v3i2.873

Copyright (c) 2022 Jurnal KOMPOSITS

Jurnal Komposits, Online ISSN 2721-7256 (Online) is Published by Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muara Bungo