ANALISA HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus: Ruas Jalan Lingkar Timur II Kota Jambi)

Rizki Andi Saputra, Ade Nurdin, Dyah Kumalasari

Abstract


Ruas Jalan Lingkar Timur II Kota Jambi merupakan salah satu ruas jalan yang padat. Padatnya lalu lintas pada jalan tersebut dikarenakan jalan tersbut merupakan salh satu jalan nasional yang menghubungkan kota jambi dengan daerah disekitarnya. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hambatan samping yang terjadi pada Jalan Lingkar Timur II Kota Jambi terhadap kinerja jalan tersebut. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari data lapangan berupa volume kendaraan, didapat volume tertinggi pada ruas Jalan Lingkar Timur II Kota Jambi sebesar 1269 smp/jam yang terjadi pada hari minggu pukul 17.00 s.d. 18.00. Mengacu pada MKJI 1997 diperoleh kapasitas jalan sebesar 2778,84 smp/jam dengan hambatan samping yang tinggi dan derajat kejenuhan (DS) diperoleh sebesar 0,457 yang menunjukkan bahwa tingkat pelayanan ruas Jalan Lingkar Timur II Kota Jambi adalah tingkat pelayanan C dengan kondisi lalu lintas yang ramai dan memiliki kecepatan yang terbatas

Keywords


Kapasitas Jalan, Kinerja Jalan, Hambatan Samping

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Bina Marga (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia ( MKJI). Jakarta: Bina Marga.

Kurniawan, Septyanto (2015).Analisis Hambatan Samping Akibat Aktivitas Perdagangan Modren (Studi Kasus: Pada Jalan Brigjen Katamso di Bandar Lampung). Tapak, 5(1), 61-73.

Hilmanudin, iman dan Farida, Ida (2016). Analisis Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Jalan Guntur Garut). Jurnal Konstruksi Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 14(1), 67-80.

Tataming, Edy Susanto dkk (2014). Analisis Besar Kontribusi Hambatan Samping terhadap Kecepatan dengan Menggunakan Model Regresi Linier Berganda (Studi Kasus: Ruas Jalan dalam Kota Segmen Ruas Jalan Sarapung). Jurnal Sipil Statik, 2(1), 29-36.

Marunsenge, Gollant Sondakh dkk (2015). Pengaruh Hambatan Samping terhadap Kinerja Ruas Jalan Panjaitan (Kelenteng Ban Hing Kiong) dengan Menggunakan Metode MKJI 1997. Jurnal Sipil Statik, 3(8), 571-582




DOI: https://doi.org/10.36355/jkts.v3i2.874

Copyright (c) 2022 Jurnal KOMPOSITS

Jurnal Komposits, Online ISSN 2721-7256 (Online) is Published by Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muara Bungo