https://www.linuxxstore.my.id/ https://www.belajarhtmldancss.site/ https://www.jasadesignwebsite.my.id/ https://www.giaidacbiet.net/ https://www.yosiwarasaiken.net/ https://www.gaetanodonizetti.net/ https://www.rainbowlanding.com/ https://www.vnfosxd.com/ https://www.maxbet55.my.id/ https://www.desakupekalongan.id/ SBOBET
INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA BANGUN SERANTEN KECAMATAN MUARA TABIR KABUPATEN TEBO | Novriansyah | Jurnal Manajemen Sains

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA BANGUN SERANTEN KECAMATAN MUARA TABIR KABUPATEN TEBO

Yudhi Novriansyah, Nastiti Setyo Windarti

Abstract


Pelayanan merupakan salah satu alat pemuas kebutuhan manusia sebagaimana halnya dengan pelayanan administratif yang ada di Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan Kantor Desa Bangun Seranten Kecamatan Muara Tabir diukur berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Kantor Desa Bangun Seranten Kecamatan Muara Tabir pada bulan Mei hingga Juli 2021. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan Kantor Desa Bangun Seranten Kecamatan Muara Tabir adalah sebesar 3,2025 dengan angka konversi sebesar 80,0619.  Maka, mutu pelayanan sudah masuk kriteria baik atau memuaskan. Hal tersebut didukung dari 9 indikator yang dihitung terdapat 8 indikator dengan kategori baik dan 1 dengan kategori kurang baik yaitu pada kategori persyaratan. Disarankan agar Kantor Desa Bangun Seranten meningkatkan pelayanan khususnya pada persyaratan pelayanan. mempertahankan sistem mekanisme prosedur, waktu penyelesaian, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan saran dan masukan dan sarana dan prasarana


Keywords


Pelayanan Publik; Kepuasan Masyarakat; Indeks Kepuasan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Atep Adya Barata. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo. Kelompok Gramedia. Jakarta

Didin Fatihudin. (2015). Metode Penelitian : Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi. Cetakan Pertama. Zifatama Publisher. Sidoarjo.

Muhammad Sawir. (2020). Birokrasi pelayanan publik: konsep, teori dan aplikasi. Cetakan pertama. Deepublish. Yogyakarta

Muslich Ansori. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Surabaya: Airlangga University Press.

Sellang, Komaruddin dkk. (2019). Strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Penerbit Qiara Media. Surabaya.

Slamet Riyanto Dan Aglis Andhita H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Dibidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Deepublish.

Sri Hartati. (2017). Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Kelurahan Karang Asam Ulu Kota Samarinda. eJournal Administrasi Negara, Volume 6, Nomor 1 Hal : 6980-6981

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-23. Alfabeta. Bandung.

Zulfi Ahaditya Arif Nugraheni. (2015). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan mungkid Kabupaten Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum penyelenggaraan pelayanan publik.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Umum Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Desa




DOI: https://doi.org/10.36355/jms.v1i3.619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter