INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA BANGUN SERANTEN KECAMATAN MUARA TABIR KABUPATEN TEBO
Abstract
Pelayanan merupakan salah satu alat pemuas kebutuhan manusia sebagaimana halnya dengan pelayanan administratif yang ada di Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan Kantor Desa Bangun Seranten Kecamatan Muara Tabir diukur berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Kantor Desa Bangun Seranten Kecamatan Muara Tabir pada bulan Mei hingga Juli 2021. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan Kantor Desa Bangun Seranten Kecamatan Muara Tabir adalah sebesar 3,2025 dengan angka konversi sebesar 80,0619. Maka, mutu pelayanan sudah masuk kriteria baik atau memuaskan. Hal tersebut didukung dari 9 indikator yang dihitung terdapat 8 indikator dengan kategori baik dan 1 dengan kategori kurang baik yaitu pada kategori persyaratan. Disarankan agar Kantor Desa Bangun Seranten meningkatkan pelayanan khususnya pada persyaratan pelayanan. mempertahankan sistem mekanisme prosedur, waktu penyelesaian, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan saran dan masukan dan sarana dan prasarana
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atep Adya Barata. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo. Kelompok Gramedia. Jakarta
Didin Fatihudin. (2015). Metode Penelitian : Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi. Cetakan Pertama. Zifatama Publisher. Sidoarjo.
Muhammad Sawir. (2020). Birokrasi pelayanan publik: konsep, teori dan aplikasi. Cetakan pertama. Deepublish. Yogyakarta
Muslich Ansori. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Surabaya: Airlangga University Press.
Sellang, Komaruddin dkk. (2019). Strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Penerbit Qiara Media. Surabaya.
Slamet Riyanto Dan Aglis Andhita H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Dibidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Deepublish.
Sri Hartati. (2017). Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Kelurahan Karang Asam Ulu Kota Samarinda. eJournal Administrasi Negara, Volume 6, Nomor 1 Hal : 6980-6981
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-23. Alfabeta. Bandung.
Zulfi Ahaditya Arif Nugraheni. (2015). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan mungkid Kabupaten Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum penyelenggaraan pelayanan publik.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Umum Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Desa
DOI: https://doi.org/10.36355/jms.v1i3.619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.