KUALITAS PELAYANAN KERJA MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR POS INDONESIA (PERSERO) CABANG MUARA BUNGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Kerja terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Pos Indonesia (Persero) Cabang Muara Bungo. Jenis penelitiaan ini adalah menggunakan metode kuantitatif dan penarikan sampel menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Populasi pada penelitian ini berjumlah 7.888 orang dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang. Hasil analisis regresi linear sederhana dalam penelitian ini adalah Y = 2,556 + 0,735 X + e. Hasil Uji t dalam penelitian ini didapatkan nilai t hitung sebesar 8,800 dan lebih besar dari pada t tabel = 1,661. Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel Kualitas Pelayanan Kerja (X) terhadap variabel Kepuasan Masyarakat (Y). Hasil Koefisien Determinasi (R2) diperoleh nilai R2 = 0.444, hal ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Kerja memberi kontribusi terhadap Kepuasan Masyarakat sebesar 0.444 atau 44,4% sedangkan sisanya sebesar 55,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini
This study aims to determine the effect of the quality of work services on people's satisfaction at the Indonesian Post Office (Persero) Muara Bungo Branch. This type of research is using quantitative methods and sampling using random sampling technique using the Slovin formula with an error rate of 10%. The population in this study amounted to 7,888 people with a total sample of 99 people. The results of simple linear regression analysis in this study are Y = 2.556 + 0.735 X + e. The results of the t-test in this study obtained the t-count value of 8.800 and greater than the t-table = 1.661. Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant positive effect between the variables of Work Service Quality (X) on the Community Satisfaction variable (Y). The results of the Coefficient of Determination (R2) obtained a value of R2 = 0.444, this shows that the Quality of Work Services contributes to Community Satisfaction by 0.444 or 44.4% while the remaining 55.6% is influenced by other variables outside of this study
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barata, A. (2015). Dasar-Dasar Pelayanan Prima (Cet. 4). Elex Media Komputindo.
Effendi, N. I. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Muara Bungo Jambi. Ekobistek, 4(2), 72–89.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi keli). Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handi Irawan. (2012). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media Komputindo.
Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 Jilid 2). Erlangga.
Moenir, A. . (2011). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.
Supranto, J. (2015). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Cipta.
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. ANDI.
Tjiptono, F. (2018). Service Marketing: Esensi & Aplikasi. Arknesis.
DOI: https://doi.org/10.36355/jms.v2i1.746
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.