GAYA HIDUP DAN CITRA MEREK BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK IPHONE DI KABUPATEN BUNGO
Abstract
: Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan citra merek secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian produk smartphone merek iPhone di Kabupaten Bungo. Metode penelitian ini bersifat Deskriptif Kuantitatif dan menggunakan analisa kualitatif. Populasi adalah konsumen yang membeli smartphone Iphone di Smartphone shop Muara Bungo, sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin yang berjumlah 100 orang. Hasil penelitian ini, uji parsial variabel gaya hidup dan citra merek secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk smartphone merek iPhone di Kabupaten Bungo. Hasil uji Koefisien Determinasi (R2) diperoleh nilai R Square sebesar 0.829. hal ini menunjukan bahwa kontribusi variabel gaya hidup dan citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 82,9%, sedangkan sisanya sebesar 17,1% dipengaruhi oleh dimensi lain diluar penelitian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
, pp. 1–6.
Ghozali, I. (2011) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi keli. Semarang: Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P. and Armstrong, G. (2017) Prinsip-Prinsip Pemasaran. 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. and Keller, K. L. (2018) Manajemen Pemasaran. 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono (2014) Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sutisna (2012) Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Swastha, B. (2016) Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedu. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, F. (2017a) Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, F. (2017b) Strategi Pemasaran. 4th edn. Yogyakarta: ANDI.
DOI: https://doi.org/10.36355/jms.v2i2.851
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.