PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN SELLING PRODUCT UMKM KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

Alvindo Dermawan, Angelia Leovita, Dian Fauzi, Ilham Martadona

Abstract


Usaha Mikro Kecil (UMKM) saat ini berkembanga cukup pesat di Indonesia, badan usaha ini memegang peranan penting dalam perekonomian bangsa. Dengan pengembangan digitalisasi UMKM akan membuat ekonomi digital di Indonesia pada 2025 akan menjadi terbesar di Asia Tenggara. Diketahui bahwa pelaku UMKM tidak mengikuti perkembangan digital, terutama karena kurangnya pengetahuan tentang pemasaran digital. Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang sangat fokus dalam peningkatan daya saing UMKM. Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah daerah kepulauan di Sumatera Barat yang juga memiliki beberapa produk UMKM unggulan. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai berkomitmen untuk meningkatkan skill pelaku usaha khususnya skill dalam pemasaran secara online. Permasalahan mendasar yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah masih sedikitnya pelaku UMKM yang mampu menerapkan atau pengaplikasian digital marketing. Metode yang digunakan adalah kombinasi antara ceramah dan praktek langsung. Pelaku usaha di Kabupaten Kepulauan Mentawai belum menerapkan pemasaran secara online karena belum mendapatkan pelatihan pemasaran secara online, oleh karena itu dilakukan pelatihan pemasarn secara online bagi pelaku usaha di Kabupaten Kepulauan Mentawai materi pelatihan mancakup pemanfaatan digital marketing dan strategi yang bisa dilakukan agar bisa melakukan pemasaran online secara efektif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.