MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BERWIRAUSAHA GENERASI MUDA MASA PANDEMI COVID 19 DI KECAMATAN TANAH SEPENGGAL KABUPATEN BUNGO

Yudhi Novriansyah, Muhammad Asman, Delila Fitri Harahab

Abstract


Semakin ketat nya persaingan dalam pekerjaan sektor formal menyebabkan peluang generasi muda untuk bisa bekerja dikantor pemerintah atau perusahaan semakin menipis pula. Pada sisi lain, generasi muda saat ini minim keinginan untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan secara mandiri dengan berwirausaha. Berdasarkan fakta tersebut di atas, maka tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan untuk mempersiapkan generasi muda usia produktif agar lebih termotivasi, memiliki hasrat, karakter yang kuat dan keulatan dalam berwirausaha terlebih lagi saat ini pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berskala Mikro (PPKM) akibat belum meredanya kondisi Pandemi Covid 19 di Indonesia. Metode yang digunakan dengan menyampaikan materi secara verbal berupa ceramah dan diskusi mengenai motivasi berwirausaha, Etos Kerja dan motivasi berprestasi yang bisa menjadi dorongan bagi generasi muda dalam menjalankan usaha bisnis. Kegiatan dilaksanakan dikalangan generasi muda siswa SMA Sederajat, mahasiswa, pengurus organisasi pemuda dusun-dusun yang ada di Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo pada hari Kamis, 25 Maret 2021.. Sebagai tindak lanjut hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Tim Dosen UMB membuka layanan konsultasi tentang strategi bisnis, motivasi bisnis, teknis pemasaran dan komunikasi serta mental kerohanian dalam menjalankan sebuah usaha bisnis agar mampu berkembang dan bersaing diera kemajuan saat ini.

 

Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Etos Kerja, Strategi Komunikasi Bisnis

 


Full Text:

PDF

References


Gumilang, Adhi. (2015). Komunikasi Pemasaran Sebagai Metode Promosi Untuk Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Universitas Pembangunan Jaya Nomor 2 Vol 2 Maret 2015

Jalil, Abdul. (2013). Spritual Enterpreneurship, Transformasi Spritual Kewirausahaan.

Yogyakarta: PT LKiS

Moore,et al. (2010). Motivational and Success Factors of Entrepreneurs: the Evidence from A Developing Country. Proceedings of Rijeka Faculty of Economics. Journal of Economics & Business: Great Britain

Masmuh, Abdullah (2008). Komunikasi Organisasi. Malang: UMM Press

Suryana. (2003). Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Widyastuti, Sri (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: FEB-UP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.