PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI ANAK MELALUI PROGRAM PROGRAM KUKERTA DESA PEMATANG OBOWe
Abstract
Literasi dan Numerasi memiliki peran yang penting dalam masyarakat, maka daripada itu kemampuan seseorang dalam menguasainya dapat berdampak terhadap kehidupan sehari-harinya. Penanaman edukasi literasi dan numerasi sejak dini menjadi krusial sebagai titik awal mewujudkan generasi muda bangsa yang cerdas dan berbudaya. Meskipun demikian dengan hadirnya pandemi covid-19 sejak tahun 2020 di Indonesia membuat banyak anak-anak tidak dapat menghadiri kelas seperti biasanya dan dengan arahan Kemendikbud untuk menjalankan pembelajaran secara jarak jauh. Pembelajaran secara jarak jauh ini telah berdampak buruk terhadap kualitas pendidikan secara nasional. Hal ini dikarenakan kurang interaksi antar guru dengan siswanya yang dimana kurikulum yang digunakan sekolah tidak sesuai dengan pembelajaran jarak jauh tersebut. Hal ini perlu diperhatikan karena penguasaan dasar anak-anak terhadap literasi dan numerasi menjadi terhambat yang dapat berdampak terhadap masa depan mereka. Oleh karena itu kelompok Kukerta Balek Kampung Desa Pematang Obo 2022 mengadakan kegiatan belajar mengajar yang meliputi program bimbingan belajar, program mengajar di sekolah dan English day dimana Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak-anak di Desa Pematang Obo.
Full Text:
PDFReferences
Aliyyah, R. R., Rahmawati, Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676.
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.
Damayanti, N. W., & Ikhwaningrum, D. U. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Berbasis Aktivitas Pola Hidup Sehat. Jurnal Masyarakat Mandiri 6(3), 1–5.
Friantini, R. N., Winata, R., Lase, V. M., & Miranda, L. L. (2021). Penguatan Numerasi Anak Tahap Awal Sekolah Di Dusun Ugan Hilir Desa Nyiin. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2231–2245. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5249
Hasim, H., Sekolah, G. L., & Dharma, S. (n.d.). 2020-06-28_Book Pratiwi R 1.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Modul Literasi Numerasi di Sekolah, 1, 22. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2 Modul Literasi Numerasi.pdf
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
Meliyanti, M., Raraswati, P., Nuruddin Hidayat, D., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1973
Mulyo Teguh. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolahuntuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional , 18–26.
Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuh kembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385
Darwanto., Khasanah Mar'atun.,Anggi (2020). Penguatan Literasi,Numerasi dan Adaptasi Teknologi pada Pembelajaran di Sekolah. Universitas muhammadiyah kotabumi. 1052, 22287.
Refbacks
- There are currently no refbacks.