ICT BAGI GURU-GURU DI PASRAMAN WIDYA DHARMA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Syafrudin Syafrudin, Eryuni Ramdhayani, Wiwi Noviati, Indah Dwi Lestari, Fatmawati Fatmawati, Ana Merdekawaty

Abstract


Perkembangan ICT dalam bidang pendidikan membawa dampak positif salah satunya untuk mengembangkan media Pembelajaran. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah (1) Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif berbasis ICT (2) Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia yang disusun dengan mengunakan software Canva. Pelatihan ini dilaksanakan di Pasraman Widya Dharma yang diikuti oleh 25 Guru dengan metode pelaksanaan ada 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil dari Kegiataan PKM ini telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Indikator keberhasilan dalam pelaksanaan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis ICT menggunakan software Canva untuk guru-guru dilihat dari antusiasnya guru dalam mengikuti kegiatan. Selain itu dilihat dari hasil guru dalam membuat media pembelajaran interaktif yang sangat inovatif dan menarik.

Full Text:

PDF

References


Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Fadli, A., Suharno, S., & Musadad, A. A. (2017). Deskripsi Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game Education untuk Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.

Hendriyani1, Y., Hastria Effendi., H., Farell, G. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ict Bagi Guru–Guru Di Smp Negeri Di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP).Vol. 3,Nomor 2.

Rahim, F., R. Suherman.,D.,S. & Murtiani. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. UNES Journal of Community Service. Vol. 3.No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.