Analisis Hukum Terhadap Efektifitas Penyelesaian Konflik Tenurial Yang Terjadi Antara Perusahaan Perkebunan Dengan Masyarakat (Studi Kasus Antara Pt Satya Kisma Usaha Dan Kelompok Tani Sukma Bersatu)

Rudi Iswanto

Abstract


Abstrak

Berdasarkan kenyataan tersebut senantiasa mengakibatkan adanya berbagai kepentingan yang saling bertentangan antara satu dengan yang lain berkenaan dengan persoalan tanah. Dalam perkembangan pengunaan tanah khususnya di Kabupaten Tebo ternyata banyak dipengaruhi oleh pembangunan dari sektor yang mengalami perkembangan. Sehingga tentu banyak membutuhkan masalah menyangkut  pembebasan tanah masyarakat tersebut. Keharusan adanya pembebasan tanah masyarakat dalam rangka penguasaan hak guna usaha disebabkan oleh adanya ketentuan bahwa hanya tanah yang dikuasai langsung oleh Negara dapat dibebani Hak Guna Usaha. Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian yuridis empiris, atau disebut dengan penelitian lapangan yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataannya dalam masyarakat. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik PT.SKU dengan Masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Sukma Bersatu berawal dari upaya yang dilakukan oleh Kelompok Tani Sukma Bersatu untuk memberikan pengesahan atas kepemilikan tanah yang mereka garap untuk perkebunan kelapa sawit dengan membuat sertifikat hak milik, hanya saja dari beberapa lokasi yang diajukan kepada Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tebo tidak semua lokasi keluar sertifikatnya, hanya beberapa saja yang keluar, setelah ditelusuri kepada pihak BPN diketahui bahwa tanah atau lahan tersebut berada pada kawasan status kepemilikan Hak Guna Usaha (HGU) PT.SKU, sehingga saling klaim tersebut menimbulkan konflik yang berkepenjangan.

Kata Kunci: Analisis Hukum; Penyelesaian Konflik; Tenurial; Perusahaan Perkebunan



Keywords


Kata Kunci: Analisis Hukum; Penyelesaian Konflik; Tenurial; Perusahaan Perkebunan

Full Text:

PDF 152-169

References


Adnyana, I., Safitri, D., & Christopher, W. (2016). Preventive Effect of Jasmine Flower Ethanol Extract on MSG-High Fat Diet Induced in Male Wistar Rats. International Journal of Pharmacognosy and Phytochemical Research , 8 (7), 1066-1070.

Boedi Harsono dalam Hukum Agraria Indonesia (2008) menjelaskan bahwa tujuan diberlakukannya Undang-Undang Agraria 1870 Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Undang-Undang Agraria 1870: Latar Belakang, Tujuan, Dampak", https://tirto.id/gaYo

Fisher et al, 2016 dalam Gamin, 2018 Konstitusionalisme Agraria. Yogyakarta : STPN Press.

J. Dwi Narwoko dan Bagong Suyatno, 2010.hlm. 68

Kamilah & Yulianah 2018, Pengantar Tentang Plankton Serta Kisaran Kelimpahan dan Plankton Predominan di Sekitar Pulau Jawa dan Bali. Jakarta: Puslitbang Oseanologi-LIPI.

Kriswoyo, K., Pello, J., & Kaho, L. M. R. 2019. Peranan Tiga Pilar Dalam Penyelesaian Konflik Tenurial Di Taman Wisata Alam Ruteng, Flores,Nusa Tenggara Timur. Bumi Lestari Journal Of Environment, 19(1), 36. Https://Doi.Org/10.24843/Blje.2019.V19.I01.P05

Malik, Muhammad., et al. 2016, “Impact of Brand Image and Advertisement on Consumer Buying Behavior”. World Applied Sciences Journal. Volume 3, Issue 1.

Mudzakkir dalam bukunya (Bernhard limbong 2012hlm.90)

Purwawangsa H., dan Bramada W,P. 2017. Pemanfaatan Lahan Tidur Untuk Penggemukan Sapi. Jurnal Risalah kebijakan Pertanian dan Lingkungan. 1(2) : 92-96.

Sudikno Mertokusumo, 2019. Mengenal Hukum Suatu Pengantar (Edisi Revisi). Cahaya Atma Pustaka, Yogyakarta.

Sylviani & Hakim 2014 dan Susilowati 2015,Berawal Dari Tanah. Bandung :Yayasan AKATIGA.

Undang-Undang No. 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria.

Wulan. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Menu Unpopular dan Unprofitable di Restoran Warung Cepot. Skripsi Upi : Tidak diterbitkan

Wulan. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Menu Unpopular dan Unprofitable di Restoran Warung Cepot. Skripsi Upi : Tidak diterbitkan

https://repository.uin-suska.ac.id/18963/7/7.%20BAB%20II%20%281%29.pdf

https://tirto.id/sejarah-undang-undang-agraria-1870-latar-belakang-tujuan-ampak-gaYo

https://www.dqlab.id/. Diakses 23 juni 2022

Moleong.Metode Penelitian. http://repository.stei.ac.id/




DOI: https://doi.org/10.36355/rlj.v3i2.961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rudi Ismanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Rio LAW JURNAL Online ISSN 2722-9602  is Published By Fakultas Hukum Universitas Muara Bungo