POTENSI PENGEMBANGAN SAPI POTONG DENGAN ANALISIS LOCATION QUATION DI KECAMATAN TUGUMULYO, KABUPATEN MUSI RAWAS

Bagus Dimas Setiawan, Hayatun Nofrida, Putri Zulia Jati, Zulhapi Utama Adlan, Syintia Dwi Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi pengembangan sapi potong dengan menggunakan analisis LQ (Location Quotient) untuk mendukung pengembangan peternakan yang berkelanjutan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data yang digunakan data sekunder dimana untuk dapat mengidentifikasi daerah basis pengembangan dengan analisis LQ (Location Quotient). Data yang diperoleh ditabulasi dan ditampilkan dalam bentuk tabel serta gambar kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan untuk daerah basis pengembangan ternak sapi potong ada di tiga Desa di Kecamatan Tugu Mulyo yaitu Desa Y Ngadirejo (3,81), Q2. Wonorejo (3,26) dan V. Surodadi (1,65). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi perbaikan untuk populasi sapi potong serta melakukan introduksi sistem pengembangan sapi potong pada daerah basis dimana untuk mendukung peternakan yang berkelanjutan.


Keywords


Potensi, sapi potong, Location Quotient, Kabupaten Musi Rawas

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik.(2021). Statistik Peternakan Dan Kesehatan Hewan 2021. Direktorat Jenderal Peternakan Dan Kesehatan Hewan. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. (2022). Kabupaten Musi Rawas Dalam Angka. Musi Rawas. Indonesia.

Brata. B, E. Soetrisno, B. D. Setiawan, dan R. Hendrawan. (2021). Populasi, Manajemen Pemeliharaan, Dan Pola Pemasaran Ternak Kerbau (Studi Kasus Di Desa Kembang Seri, Kabupaten Bengkulu Tengah). Jitro (Jurnal Ilmu Dan Teknologi Peternakan Tropis), Vol. 8 (3). Pp. 225-231

Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Musi Rawas.(2019). Statistik Peternakan Kabupaten Musi Rawas. Dinas Pertanian Dan Peternakan Musi Rawas. Sumsel

Komariah, Burhanuddin, dan N. Permatasari. (2018). Analisis Potensi Dan Pengembangan Kerbau Lumpur Dikabupaten Serang. Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan.Vol 6 (3). Pp. 90-97.

Https://Journal.Ipb.Ac.Id/Index.Php/Ipthp/Article/View/26186

Muthalib, H. A. (2006). Potensi Sumberdaya Ternak Kerbau Di Nusa Tenggara Barat, Pros. Lokakarya Nasional Usaha Ternak Kerbau Mendukung Program Kecukupan Daging Sapi. Sumbawa, 4-5 Agustus 2006. Puslitbang Peternakan, Bogor.

Sari, E.M., M. Abdullah dan S. Sulaiman. (2015). Kajian Aspek Teknis Pemeliharaan Kerbau Lokal Di Kabupaten Gayo Lues. J. Agripet 15(1): 57. Https://Doi.Org/10.17969/Agripet.V15i1.2301

Setiawan. B.D, P.Z Jati, Arfa’i, dan Y.S. Nur. (2023). Identifikasi Potensi Pengembangan Usaha Pembibitan Sapi Bali Terintegrasi Dengan Perkebunan Kelapa Sawit Di Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Citra Agri Tama, 11(2), 13–18.

Https://Doi.Org/10.58328/Cat.V12i1.46

Suwitary, N. K. E., Suariani, L., dan Yusiastari, N. M. (2018). Kualitas Silase Komplit Berbasis Limbah Kulit Jagung Manis Dengan Berbagai Tingkat Penggunaan Starbio. Wicaksana: Jurnal Lingkungan Dan Pembangunan, 2(1), 1–7.

Syahyuti. (2020). Pusat Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pemerintah. [Online] Available At: Https://Pse.Litbang.Pertanian.Go.Id/Ind/Index.Php/Covid19/Berita-Covid19/362-Petani-Dan-Nelayan-Barteran-Produk-Menyiasatidampak-Pandemi?Start=1 [Diakses 4 Juni 2022].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter