Kualitas Fisik Pelet Berbasis Limbah Sawit Fermentasi Dengan Phanarochaeta chrysosporium dan Neurospora crassa dengan Jenis Perekat Yang berbeda

Muhammad Amran, Muhammad Firdaus, Mustafa Kamal, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis perekat terhadap kualitas fisik pelet ransum broiler finisher berbasis limbah sawit fermentasi dengan Phanerochaeta chrysosporium dan Neurospora crassa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang digunakan yaitu: perlakuan A: ransum tanpa perekat (kontrol), B: ransum + perekat tepung tapioka, C: ransum + perekat tepung gaplek, D: ransum + perekat tepung sagu, E: ransum + perekat tepung ubi ungu, F: ransum + perekat bentonit dan G: ransum + perekat gelatin. Peubah yang diamati adalah kadar air, kerapatan tumpukan, kerapatan pemadatan tumpukan, sudut tumpukan, berat jenis dan ketahanan benturan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan perekat yang berbeda berpengaruh nyata (P<0.05) terhadap kadar air pelet, kerapatan tumpukan, kerapatan pemadatan tumpukan dan sudut tumpukan, tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap berat jenis dan ketahanan benturan. Kesimpulan dari penelitian ini jenis perekat tepung tapioka, tepung gaplek, tepung sagu, tepung ubi ungu dan bentonit dapat meningkatkan kualitas fisik pelet ransum berbasis campuran limbah sawit dan dedak fermentasi dengan Phanerochaeta crysosporium dan Neurospora crassa. Pada kondisi ini diperoleh kadar air: 9,36-9,93%, kerapatan tumpukan: 479,11-503,05 kg/m3, kerapatan pemadatan tumpukan: 507,77-551,99 kg/m3.


Keywords


Perekat Pelet, Kualitas Fisik, Fermentasi Limbah Sawit, Phanerochaeta crysosporium dan Neurospora crassa.

Full Text:

PDF

References


Amran, M., Nuraini, N., & Mirzah, M. 2021. Pengaruh Media Biakan Fermentasi dengan Mikroba yang Berbeda terhadap Produksi Maggot Black Soldier Fly (Hermetia illucens). Jurnal Peternakan, 18(1), 41-50.

Agustina, Yulia. 2005. Kualitas Fisik Pellet Ransum Broiler Mengandung Bahan Dengan Ukuran Partikel Yang Berbeda Pada Proses Produksi Berkesinambungan. Skripsi, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Cuti, S. 2003. Penambahan Tepung Gaplek Serbagai Perekat Terhadap Sifat Fisik Ransum Ayam Broiler Bentuk Pellet. Skripsi Program Studi Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor.

Damayanti, D. 2018. Pengaruh dosis inokulum dan lama fermentasi Phanerochaeta Crysosporium dan Neurospora Crassa terhadapa kandungan bahan kering, protein kasar dan retensi nitrogen dari campuran lumpur dan bungkil inti sawit.Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Padang.

Harmiyanti, Y. 2002. Uji sifat fisik ransum ayam broiler bentuk pellet dengan penambahan perekat lignosulfonat dan bentonit dengan beberapa proses pengolahan. Skripsi. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Hartanti.L., Syamsunihar. A.., dan Anom W.K. 2017. Kajian agronomis dan kualitas tepung berbahan ubi kayu local. Pro Food (jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan), Vol.3, No.2Noerdin, 2008),

Hastuti. D dan Iriane Sumpe. 2007. Pengenalan Dan Proses Pembuatan Gelatin. Mediagro. VOL. 3. NO. 1:39-48

Hastuti. D dan Iriane Sumpe. 2007. Pengenalan Dan Proses Pembuatan Gelatin. Mediagro. VOL. 3. NO. 1:39-48

Idiawati N, Maulida R, Arianie L. 2014. Pengaruh konsentrasi asam klorida pada ekstraksi gelatin dari ikan tulang tenggiri. Jurnal Sains dan Teknologi Kimia. 5(1): 1-9.

Khusniati, S. 2007. Uji sifat fisik ransum broiler starter bentuk crumble berperekat tepung tapioca, bentonit, dan onggok. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Pertanian Bogor. Bogor.

Luciana, D.Y. 2012. uji kualitas sifat fisik dan daya simpan pellet yang mengandung klobot jagung dan limbah tanaman ubi jalar sebagai substitusi daun rumput gajah. Skripsi. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Maulana, F. 2018. Pengaruh dosis inoculum dan lama fermentasi Phanerhocaeta chrsisporium dan Neurospora crassa terhadap kandungan serta kasar dari campuran lumpur dan bungkil inti sawit.Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Padang.

Mwithiga, G. and Sifuna, M. M., 2006. Effect of moisture content on the physical properties of three varieties of shorgum seeds. J. Food Engineering 75 (4): 480- 486.

Netriza. 2019. Karakteristik Fisik ransum pellet ayam buras berbasis ampas kelapa yang disuplementasi bakteri termofilik dan enzim manannase termostabil dengan perekat yang berbeda [Skripsi]. Padang: Universitas Andalas.

Nindyarani, D. K., S. Sutardi dan S. Suparno. 2011. Karakteristik kimia, fisik, dan inderawi tepung ubi jalar ungu dan produk olahannya. Journal of Agritechnology 31 (4): 273–280.

Nuraini, A. Djulardi dan Dwi yuzaria. 2019. Produksi ransum komplit berbasis limbah sawit fermentasi untuk unggas.

Nuraini, Y.S.Nur, Dan A. Djulardi. 2018. Pod Kakao fermentasi dengan Pleourotus ostreatus untuk memproduksi telur dan daging unggas yang rendah kolesterol . Laporan penelitian. Hibah riset dasar (kompetensi) Dikti. LPPM. Universitas Andalas. Padang.

Nurdianto, M., C.S. Utama, dan S. Mukodiningsih. 2015. Total jamur, jenis kapang dan jenis khamir pakan pellet ayam kampung super dengan penambahan berbagai level pollard berprobiotik. Jurnal Agripet. 15(1): 79-84.

Rahmana D.I. A. Mucra dan D. Febrina. 2016.Kualitas fisik pelet ayam broiler periode akhir dengan penambahan feses ternak dan bahan perekat yang berbeda. Jurnal Peternakan. 13 (1): 33-40.

Retnani, Y., N. Hasanah, Rahmayeni and L.Herawati. 2010. Uji Fisik Ransum Ayam Broiler Bentuk Pellet yang Ditambahkan Perekat Onggok Melalui Proses Penyemprotan Air. Agripet. 11(1):13-18.

Sholihah, U. I. 2011. Pengaruh diameter pelet dan lama penyimpanan terhadap kualitas fisik pelet daun legume indigofera sp. Skripsi. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Syarifudin, U.H. 2001. Pengaruh penggunaan tepung gaplek sebagai perekat terhadap sifat fisik ransum broiler bentuk crumble. Skripsi. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Wigati, D. 2009. Pengaruh jenis kemasan dan lama penyimpanan terhadap serangga dan sifat fisik ransum broiler starter berbentuk crumble. Skripsi. Fakultas peternakan. Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.36355/sptr.v5i1.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter