PENGARUH ATRIBUT IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE
Abstract
Konsep pemasaran selalu menyesuaikan dengan sikap/ perilaku konsumen, sehingga
konsumen sebagai target pemasaran berubah dari semula “apa yang harus diproduksi”
menjadi “apa yang diinginkan konsumen. TV akan menggugah indera manusia secara audio
dan visual, bisa berupa kegunaan produk, cara pemakaian dan keunggulan lainnya. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut iklan TV (Pesan iklan, model iklan,tampilan
gambar) dan atribut yang paling dominan terhadap keputusan pembelian produk Smartphone
pada Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Muara Bungo. Dengan menggunakan metode Survei,dan
menggunakan metode analisis kuantitatif dengan responden sebanyak 96 orang siswa-siswi.
Hasil penelitian menunjukkan semua variabel berpengaruh positifterhadapvariabel keputusan
pembelian smartphone, pesan iklan (XI)t tabel (1,662) < t hitung (3,946), variabel model
iklan (X2) t tabel (1,662) < t hitung (2,130), dan variabel tampilan gambar (X3) t tabel
(1,661) < t hitung (2,359).Adapun nilai adjusted R² (koofisien determinasi) sebesar 0,357,
artinya variasi yang terjadi terhadap keputusan pembelian produk smartphone sebesar 35,7%
disebabkan oleh atribut iklan di televisi, sisanya 64,3% dipengaruhi oleh hal lain diluar
persamaan ini.
Kata Kunci: Atribut Iklan Televisi; Keputusan Pembelian;Produk Smartphone
konsumen sebagai target pemasaran berubah dari semula “apa yang harus diproduksi”
menjadi “apa yang diinginkan konsumen. TV akan menggugah indera manusia secara audio
dan visual, bisa berupa kegunaan produk, cara pemakaian dan keunggulan lainnya. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut iklan TV (Pesan iklan, model iklan,tampilan
gambar) dan atribut yang paling dominan terhadap keputusan pembelian produk Smartphone
pada Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Muara Bungo. Dengan menggunakan metode Survei,dan
menggunakan metode analisis kuantitatif dengan responden sebanyak 96 orang siswa-siswi.
Hasil penelitian menunjukkan semua variabel berpengaruh positifterhadapvariabel keputusan
pembelian smartphone, pesan iklan (XI)t tabel (1,662) < t hitung (3,946), variabel model
iklan (X2) t tabel (1,662) < t hitung (2,130), dan variabel tampilan gambar (X3) t tabel
(1,661) < t hitung (2,359).Adapun nilai adjusted R² (koofisien determinasi) sebesar 0,357,
artinya variasi yang terjadi terhadap keputusan pembelian produk smartphone sebesar 35,7%
disebabkan oleh atribut iklan di televisi, sisanya 64,3% dipengaruhi oleh hal lain diluar
persamaan ini.
Kata Kunci: Atribut Iklan Televisi; Keputusan Pembelian;Produk Smartphone
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.