Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Abstract
Sumber belajar bagaikan roda penggerak dalam proses belajar mengajar. Pemanfaatannya secara optimal tak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran, tetapi juga menghadirkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan berkesan bagi siswa. Melalui pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah secara kreatif, sumber belajar yang kaya dan beragam dapat diciptakan. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengakses informasi dan pengetahuan dari berbagai sudut pandang, memperkaya pemahaman mereka, dan mendorong mereka untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Singkatnya, pemanfaatan sumber belajar yang optimal merupakan kunci untuk mencapai proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan, sehingga menghasilkan generasi penerus yang cerdas, kreatif, dan berkarakter mulia. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kepustakaan, bagaikan petualangan intelektual yang mengantarkan kita pada lautan pengetahuan yang tersimpan dalam buku, jurnal, dan sumber tertulis lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan sumber belajar secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abudin Nata, (2009). Perspektif islam tentang strategi pembelajaran, Jakarta:Prenada media Group.
A.Tabrani Rusyan,dkk, (1989). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: CV. Remaja karya.
B.P. Sitepu, (2014). Pengembangan Sumber Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan Nasional, (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Elika Dwi Murwani, (2006). “Peran Guru dalam Membangun Kesadaran kritis siswa” Jurnal Pendidikan Penabur - No.06/Th.V/Juni, 60.
Etin Sholihatin, (2012). Strategi pembelajaran PPKN, Jakarta : Bumi Aksara.
Haryu Islamuddin, (2012). Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hendri Siregar, Fauzi Fahmi, (2023). Metodologi Penelitian (Sebuah Pengantar Bidang Pendidikan), Yogyakarta:Jejak Pustaka.
Mustaqim dan Abdul Wahib, (2003). Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, Cet. Pertama.
Syaiful Sagala, (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan KITA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.