ANALISIS SIKAP KONSUMEN PRODUK KERAJINAN ROTAN DI KOTA PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui presepsi konsumen produk kerajinan rotan di Kota Pekanbaru. Ketidakmampuan para pengrajin dalam memasarkan produk hasil olahan rotan secara modern semakin menambah permasalahan para produsen hasil olahan rotan dalam memasarkan produk rotanya. Para pelaku usaha kerajian rotan harus mampu memahami apa yang menjadi dasar keputusan pembelian konsumen terhadap produk kerajinan rotan. Hal ini diperlukan agar pemasar mampu memprediksi sikap konsumen dan menyesuaikan strategi pemasarannya dengan sikap tersebut.
Pemilihan tempat pada penelitian ini dilakukan di jalan Yos Sudarso Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Pemilihan tempat penelitian ini berdasarkan atas pertimbangan di Jalan Yos Sudarso merupakan salah satu pusat sentra kerajinan rotan di Kota Pekanbaru. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis Multi Dimensional Scaling menggunakan program software IBM SPSS (Statical Product and Service Solutions) Statistic 2.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi konsumen terhadap produk kerajinan rotan di Kota Pekanbaru berdasarkan penilaian konsumen terhadap atribut-atribut yang melekat pada produk kerajinan rotan, akan menentukan alternatif pilihan pada produk kerajinan rotan. Produk pilihan pertama konsumen dalam produk kerajinan rotan adalah kursi rotan, kemudian pilihan selanjutnya yaitu pot bunga rotan, kemudian pilihan terakhir yaitu keranjang rotan.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, B., 2013, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2, PT Alfabeta, Bandung.
Ayu, Puspita, 2014, Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Olahan Durian (Kasus: Pancake Durian Produksi Mei Cin Pancake), Universitas Sumatera Utara
Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2).Jakarta Selatan :Salemba Empat.
Handoko, T. Hani. (2000). Manajemen Personalia dan Sumber Daya anusia, Edisi ke 2. Yogyakarta:BPFE
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Principles of Marketing) (Edisi Ke-1). Pearson Prentice Hall
Nofrizal, N. (2020). Analisis Strategi Bertahan Pengrajin Rotan Kota Pekanbaru. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 17(1), 91–99. https://doi.org/10.34001/jdeb.v17i1.960
Sumarwan, 2004, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapanya dalam Pemasaran, Bogor: Ghalia Indonesia
Walundungo G. 2014. Penggunaan Analisis Multidimensional Scaling Untuk Mengetahui Kemiripan Rumah Makan di Manado Town Sguare Berdaskan Karakteristik Pelanggan . Jdc, Vol.3 No. Maret 2014. FMIPA UNSRAT.
DOI: https://doi.org/10.36355/jas.v7i2.1234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JAS (Jurnal Agri Sains)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 


















 
  
  
  Email this article
			Email this article