ANALISIS PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING, INFLUENCER MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS : KONSUMEN DURIAN DI KING GOVAL FARM, GRESIK)

Firyal Saifana Nur, Dona Wahyuning Lailly, Sri Widayanti

Abstract


Artikel ini membahas pengaruh pemasaran media sosial, pemasaran influencer, dan citra merek terhadap keputusan pembelian, dengan menggunakan studi kasus konsumen durian di King Goval Farm di Gresik.Perkembangan teknologi telah membawa perubahan dalam tren sosial dan perilaku konsumen.Media sosial telah menjadi alat yang populer untuk pemasaran dan komunikasi, dengan jumlah pengguna yang besar di Indonesia. Pemasaran influencer adalah metode yang melibatkan penggunaan individu yang memiliki pengaruh di antara segmen konsumen target untuk mempromosikan merek. Citra merek penting untuk membangun reputasi positif dan menarik konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik konsumen durian dan menganalisis dampak media sosial, pemasaran influencer, dan citra merek terhadap keputusan pembelian di King Goval Farm.Pemasaran media sosial menggunakan platform online untuk mempromosikan produk dan layanan.Pemasaran influencer melibatkan penggunaan ahli industri atau individu yang dipercaya untuk mempromosikan produk.Citra merek mewakili persepsi dan keyakinan konsumen tentang sebuah merek. Keputusan pembelian melibatkan berbagai faktor seperti apa yang akan dibeli, kapan akan membeli, di mana membeli, dan bagaimana membayar. Metodologi penelitian meliputi pengumpulan data dari konsumen durian di King Goval Farm di Gresik.Ukuran sampel ditentukan berdasarkan aturan analisis Partial Least Squares (PLS).


Keywords


Social media marketing; Influencer marketing; Brand image; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


A. D. Susilawati, A. Hanfan dan F. H. Anugrah. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Ambassador, Word Of Mouth dan Testimony In Social Media terhadap Keputusan Pembelian Hijab Sulthanah di Kota Tegal. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.36636/dialektika.v6i1.470

Ahmad, H. F. R. (2019). Rancang Bangun Alat Pengupas Kulit Buah Durian.Skripsi Universitas Medan Area. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/f

A. I. Wasiat, dan Bertuah, E. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Social Media Influencer Terhadap Niat Beli Produk Fashion Pada Generasi Milenial Melalui Customer Online Review di Instagram.SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 513–532. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.295

Athaya, F. H., dan Irwansyah, I. (2021). Memahami Influencer Marketing: Kajian Literatur Dalam Variabel Penting Bagi Influencer. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 334–349. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.254

Campbell, C., & Grimm, P. E. (2019). The Challenges Native Advertising Poses: Exploring Potential Federal Trade Commission Responses and Identifying Research Needs. Journal of Public Policy and Marketing, 38(1)(110–123). https://doi.org/10.1177/0743915618818576

Dhanesh, G. S., & Duthler, G. (2019). Relationship management through social media influencers: Effects of followers’ awareness of paid endorsement. Public Relations

Review, 45(3).

Fisher, A. (2011). Critical Thinking: An Introduction (Second Ed).Cambridge University Press.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) (Edisi 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social media marketing efforts of luxury brands : Influence on brand equity and consumer behavior. Journal of Business Research, 69(12), 5833–5841. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.04.181

Kemp, S. (2022).Digital 2022 : Indonesia,” DATA REPORTAL, 2022. https://datareportal.com?reports/digital-2022-indonesia2022

Kotler, P. A. K. L. K. (2016). Marketing Managemen (I. Pearson Education (ed.); 15th Editi).

Lestari, K. R., Hartati, A., & Putri, D. D. (2022). Analisis kesediaan membayar ( willingness to pay ) konsumen terhadap pembelian buah durian kromo banyumas di desa alasmalang , kecamatan kemranjen , kabupaten banyumas. Jurnal Pertanian Agros, 24(1), 68–76.

Low, G., Charles, W., & Lamb, J. (2010). The measurement and dimensionality of brand associations The measurement and dimensionality of brand associations. In Journal of Product & Brand Management, Vol. 9(Issue 6), 7–18.

Moreno, M. A., Kota, R., Schoohs, S., & Whitehill, J. M. (2013). The Facebook influence model: a concept mapping approach. Cyberpsychology, Behavior and Social Networking, 16(7), 504–511. https://doi.org/10.1089/cyber.2013.0025

N. L. D. Priyanti, M. A. (2022). Pengaruh Influencer, Digital Marketing, dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Dimsum Sidoarjo.Chinese Journal of Aeronautics, 35(11), i–ii. https://doi.org/10.1016/s1000-9361(22)00214-x

Prayoga, A. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Pada Destinasi Kuliner Halal Di Solo Raya.Junal Manajemen, 8.5.2017, 2003–2005.

Putri, L. H. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Konsumen Terhadap Produk Naget Delicy.Performa, 1(2), 162–170.

Ratih, D., Ruhana, A., Astuti, N., & Bahar, A. (2022).Alasan Pemilihan Makanan dan Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Sehat pada Mahasiswa UNESA Ketintang.Jurnal Tata Boga, 11(1), 22–32.

Rima Rohmatun Nisa. (2019). Pengaruh Sosial Media Influencer dan Trustworthiness terhadap Keputusan Pembelian kosmetik Make Over (Di Royal Plaza).Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(02), 1–4. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/30171/27649

S. C., Boerman, L. M.,Willemsen, & E. P. Van Der Aa. (2017). This post is sponsored”: Effects of sponsorship disclosure on persuasion knowledge and electronic word of mouth in the context of Facebook. Journal of Interactive Marketing.Journal of Interactive Marketing, 38, 82–92.

Saima, & Khan, M. A. (2020). Effect of Social Media Influencer Marketing on Consumers ’ Purchase Intention and the Mediating Role of Credibility. Journal of Promotion Management, 27(4)(December), 503–523. https://doi.org/10.1080/10496491.2020.1851847

Schivinski, B., & Dabrowski, D. (2015). The Impact of Brand Communication on Brand Equity Through Facebook.

Journal of Research in Interactive Marketing, Vol 9(Iss 1), 31-53.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Syamsurizal, & Ernawati, S. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rocket Chiken Kota Bima.Jurnal Brand, 2 No. 2(2), 177–183. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/660-Article Text-3675-1-10-20201214.pdf

Trianto Budi. (2015). Riset Modeling (Cetakan Pertama).Ad dhuha Institute, Pekanbaru.

Zak, S., & Hasprova, M. (2020). The role of influencers decision-making process in the consumer. Globalization and Its Socio-Economic Consequences, 03014. https://doi.org/https://doi.org/10.1051/shsconf/20207403014

Zulfanisa N. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awarenessd Terhadap Kepututsan Pembelian Ulang Denga Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Roti ’O Semarang.Skripsi Universitas Islam Sultan Agung, 37–37. http://repository.unissula.ac.id/28014/2/Manajemen_30401800237

Z. R. Rahman. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Pada Destinasi Kuliner Halal Di Solo Raya.Jurnal Manajemen Dirgantara, Vol. 16(1). https://jurnal.sttkd.ac.id/index.php/jmd/article/view/866




DOI: https://doi.org/10.36355/jas.v8i1.1304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JAS (Jurnal Agri Sains)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



JAS (Jurnal Agri Sains) online ISSN 2581-0227 is published by Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo