KAJIAN TATANIAGA SAYURAN DI KECAMATAN JAMBI SELATAN KOTA JAMBI

Evo Afrianto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui saluran dan margin tataniaga sayur-sayuran di Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan komperehensif metode survey observasi, yaitu menelusuri potensi produksi sayur-sayuran di Kecamatan Jambi Selatan dan proses pemasarannya mulai dari tingkat petani sampai pedagang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komplikasi data serta analisis data survey. Data ditabulasi selanjutnya dilakukan analisis deskriptif kuantitatif, kemudian dihitung margin pemasarannya, dengan rumus : Mi     =Hei –Hpi............(1). Adapun hasil penelitian menunjukan Dalam distribusi komoditi sayuran di Kota Jambi terdapat 3 pola saluran tataniaga yang ada, yaitu pola saluran; 1) Petani−Pedagang Pengumpul−Pedagang Pengecer– Konsumen; 2) Petani−Pedagang Pengecer–Konsumen; 3) Petani −Konsumen.Persentase margin pemasaran sayuran di Kota Jambi untuk masing-masing komoditi melalui saluran 1adalah sebagai berikut; sawi sebesar43,3%, kacang panjang 37,14%, terung 43,61%, dan tomat sebesar 56,41%.  Saluran 2 untuk komoditi sawi sebesar 38,46% dan tomat sebesar 50%, sedangkan untuk saluran 3 karena petani langsung menjual kekonsumen sehingga margin pemasaran menjadi 0%.

 

Kata Kunci : Margin Tataniaga, Petani Sayuran


Full Text:

PDF

References


Adiyoga, Witono. 2010. Peran Litbang Mendukung Pengembanganpertanian Kota. www.scribd.com/.../Peran-Litbang-Mendukung-an-Pertanian-Urban - (Diakses 27 Februari 2011)

Antara,Nyoman Semadi, 2007. Proses Minimum Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Produk Hortikultura. Bali, Fakultas Teknologi Pertanian Unud, Kampus Bukit Jimbaran.nsantara@ftp.unud.ac.id (Diakses 2 Maret 2011)

Ashari, Sumeru, 2006. Hortikultura Aspek Budidaya. Jakarta, Univesitas Indonesia.

Badan Pusat Statistik, 2009. Konsumsi Kalori dan Protein Penduduk Indonesia dan Provinsi Tahun 2009. Jakarta, BPS.

Badan Pusat Statistik Kota Jambi, 2009. Kecamatan Jambi Selatan Dalam Angka 2009. Jambi, BPS.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi, 2009. Produksi Tanaman Sayuran dan Buah-buahan 2009.Jambi, BPS.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kota Jambi, 2009. Statistik Tanaman Pangan dan Hortikutura 2009. Jambi, BPS.

Hanani,Nuhfil, 2010. Peran pertanian Kota. www. Google.co.id (Diakses 2 Maret 2011)

Handayani,Titi, 2010. Pemanfaatan Media Komunikasi Dan Hubungannya Dengan Penerapan Tehnik Budidaya Sayuran Sawi Di Kelurahan Paal Merah Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi. Jambi, Fakultas PertanianUniversitas Jambi.

Hamid, 1972. Tataniaga pertanian. Makassar, Fakultas pertanian Hasanuddin.

Herdyansyah,Rikky, 2011. Analisis Risiko Pemasaran Sayur-sayuran Pada Pasar Tradisional dan Pasar Modern Di Kota Jambi. Jambi, Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Hernanto, Fadholi. 1991. Ilmu Usahatani. Jakarta, Penebar Swadaya.

Irawan,Bambang, 2007. Fluktuasi Harga, Transmisi Harga Dan Marjin Pemasaran Sayur Dan Buah. Bogor, Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.pse.litbang.deptan.go.id(Diakses 27 Februari 2011)

Kamaluddin, 2010. Usahatani, Pertanian dan Agribisnis. Palembang, Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya. http://kamaluddin86.blogspot.com (Diakses 20 Maret 2011)

Kastaman,Roni, et al, Penyusunan Rencana Pembangunan Pertanian Kota. Teknologi Industri Pertanian. UNPAD. Resources.unpad.ac.id(Diakses 18 Oktober 2010)

Kotler, Philip, 1998. Manajemen Pemasaran. Surabaya, Perdana Printing Arts.

Mubyarto, 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta, LP3ES.

, 1995. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta, LP3ES.

Mosher, A.T.1991. Menggerakkan dan Membangun Pertanian.Jakarta, Yasaguna.

Murni,Feronika,2009. Analisis Sistem Pemasaran Tahu Di Kecamtan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Jambi, Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Mursyid, M. 2008. Manajaemen Pemasaran. Jakarta, Bumi Aksara.

Nugroho,Yusuf, 2010. Peran Pertanian Kota Melawan Kemiskinan dan Kelaparan. http://yusuf.nugroho10.student.ipb.ac.id/2010/10/29/peran-pertanian-kota-melawan-kemiskinan-dan-kelaparan/(Diakses 27 Februari 2011)

Rahayuningsih, 2009. Analisis Keterpaduan Pasar Tomat Antara Pasar Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Dengan Pasar Legi Kota Surakarta. Surakarta, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Rianse, Usman dan Abdi, 2008. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi.Bandung, Alfabeta.

Rizal, M. Yose. 2007. Analisis Pemasaran Komoditi Kentang Asal Kecamatan Jangkat Di Provinsi Jambi. Jambi, Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Sari, Sri Nurmala,2010. Analisis Sistem Pemasaran Komoditi Tomat Di Kota Jambi. Jambi, Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Seflina,Siska, 2010. Analisis Komparatif Nilai Tambah Berdasarkan Kapasitas Produksi Pada Agroindustri Dodol Kentang (Studi Kasus Di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Jambi, Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Setiawan,Iwan, 2008. Alternatif Pemberdayaan Bagi Peningkatan Kesejahteraan Petani Lahan Kering (Studi Literatur Petani Jagung Di Jawa Barat). Bandung, Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. http://berusahatani.blogspot.com/2011/03/nilai-tambah-komoditas-pertanian.html(Diakses 19 April 2011)




DOI: https://doi.org/10.36355/jas.v2i2.215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Agri Sains



situs 138

slot dana

 


JAS (Jurnal Agri Sains) online ISSN 2581-0227 is published by Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo 

slot raffi ahmad 777

Slot gacor

https://bkmchughlaw.com/

https://countersatisfiable.org/

BRI303

https://www.thebutterflysoup.com/

POSKOBET

SUNDA787

https://disdiktanjabbar.org/