ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KOPI LOKAL DI KOTA JAMBI
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis preferensi konsumen yakni masyarakat kota Jambi terhadap kopi lokal dan menganalisis hubungan usia terhadap preferensi masyarakat kota Jambi dalam mengkonsumsi kopi lokal. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara usia konsumen kopi dengan preferensi dalam mengkonsumsi kopi lokal Jambi.Penelitian ini dilakukan di Kota Jambi dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juni 2020. Data yang digunakan adalah data cross section. Data konsumen dikumpulkan dari 3 kedai kopi yang terdapat di Kota Jambi yakni Hello Sapa, Camp Coffee, dan Kopi Juaro. Penarikan sample dilakukan dengan metode simpel random sampling. Penghitungan sampel dengan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mayoritas konsumen kopi memilih kopi lokal dibandingkan kopi non lokal dan Hubungan usia konsumen dengan preferensi konsumsi kopi adalah tidak signifikan.
Kata kunci: Kopi Lokal, Preferensi, usia konsumen
ABSTRACT
The aim of this researchis to analyze consumer preferences of Jambi city consuming local coffee and to analyze the relationship between age and preferences of the people of Jambi city in consuming local coffee. The hypothesis in this study is that there is a relationship between the age of consumers and preferences in consuming local Jambi coffee. This research was conducted in Jambi City by collecting primary and secondary data. This research conducted from February to June 2020. The data used is cross section data. Consumer data was collected from 3 coffee shops in Jambi City, namely Hello Sapa, Camp Coffee, and Juaro Coffee. The sampling method was simple random sampling. Sample calculation using the Slovin formula. The results showed that the majority of coffee consumers prefer local coffee than non-local coffee and the relationship between consumer age and coffee consumption preference is not significant.
Keywords: Local Coffee, Preference, Age of Consumer
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kotler, P. (2000). ManajemenPemasaran, Prehalindo, Jakarta.
Kotler, P. (2017). Mengenal Kopi dan Anggota Keluarganya. Kopikini.com. diakses 13 Februari 2020
Kotler, P. (2020). Tanaman Kopi. Perkebunan.litbang.pertanian.go.id
Naibaho, T. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Kopi Lokal Sumatera Di Kota Medan. Program Studi Magister Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara Medan. repositori.usu.ac.id.
Naibaho, T. (2019). Pembangunan Perkebunan Provinsi Jambi Tahun 2019. Dinas Perkebunan Provinsi Jambi.
Rianto, N. (2010).TeoriMikroekonomi, Jakarta:Kencana,.
Yunita, E. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen (Kasus Ozaizy Coffee n’ Resto, Kota Bogor). Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi Dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.
Zulfi, J. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Kopi Instan White Coffee Di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret.
DOI: https://doi.org/10.36355/jas.v4i2.422
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JAS (Jurnal Agri Sains)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.