ANALISIS PERBANDINGAN HASIL EKSTRAKSI KADAR ASPAL PADA CAMPURAN ASPAL AC-BC TERHADAP DESIGN MIX FORMULA
Abstract
Dalam pelaksanaan perkerasan jalan dapat terjadi penurunan kadar aspal yang akan mempengaruhi peningkatan kualitas jalan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penurunan nilai kadar aspal pada campuran Asphalt Concrete- Binder Course (AC-BC) pada proyek Preservasi Jalan Sp. Tuan- Bts Sumsel dengan cara melakukan pengujian ekstaksi aspal yang dapat digunakan sebagai Quality Control dan pemeriksaan campuran aspal di lapangan. Pengujian ekstaksi. Hasil nilai kadar aspal mengacu pada Spesifikasi Umum tahun 2018 revisi 2 bahwa untuk pengujian ekstraksi harus menggunakan benda uji campuran beraspal yang masih berwujud gembur. Nilai kadar aspal pada campuran dengan batas toleransi ± 0,3% dari berat total campuran. Dari hasil ekstraksi pada tiap sampel mendapatkan hasil pengujian dari sampel asphalt mixing plant dengan rata-rata nilai kadar aspal 5,70%, sampel di atas dump truck dengan rata-rata nilai kadar aspal 5,69%, sampel dari alat penghampar finisher dengan nilai kadar aspal 5,69%, sampel core drill dengan nilai jadar aspal 5,56%. Dibandingkan dengan nilai kadar aspal Design Mix Formula yaitu 5,70 maka pada sampel asphal mixing plant tidak terjadi penurunan kadar aspal, pada sampel asphalt mixing plant terjadi penurunan 0,01%, pada sampel dump truck terjadi penurunan kadar aspal sebesar 0,01%, dan pada sampel core drill terjadi penurunan kadar aspal sebesar 0,14%. Dari perbandingan tersebut setiap sampel masih masuk dalam batas toleransi berdasarkan Spesifikasi Umum tahun 2018 Revisi 2, hasil ekstraksi masih dalam batas toleransi campuran yaitu ±0,3% , namun untuk sampel core drill nilai kadar aspal tidak memenuhi design mix formula karena nilai kadar aspal mengalami deviasi yang cukup jauh dari DMF.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DepartemenPekerjaan Umum. 2004.SK SNI03- 6894-2002 :Metode PengujianKadarAspalDariCampuranBeraspalDenganCaraSentrifus.Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga (Dirjen BM). 2018. Spesifikasi Umum 2018Revisi3.Jakarta:KementerianPekerjaanUmum
Sukirman,S.,1999,PerkerasanLenturJalanRaya,Bandung;Nova
Soehardi,F.2017.PerbandinganKadarAspalHasil Ekstraksi PadaCampuranAspalAC-BC.Pekanbaru:ProgramStudiTeknikSipil,FT,UniversitasLancangKuning.
Direktorat Jenderal Bina Marga (Dirjen BM). 2006. Spesifikasi Umum 2006. Jakarta:DepartemenPekerjaanUmum.
Sukirman,Silvia,2003,“BetonAspalCampuranPanas”,Bandung:Granit.
S. Silvia, Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Nova Publisher, 1999.
Direktorat Jenderal Bina Marga, “Manual Perkerasan Jalan 2017,” Jakarta, 2017.
Direktorat Jenderal Bina Marga, “Manual Perkerasan Jalan 2017,” Jakarta, 2017.
Departemen Pekerjaan Umum. 2004. SK SNI 03- 6894-2002 : Metode Pengujian Kadar Aspal Dari Campuran Beraspal Dengan Cara Sentrifus. Jakarta.
Kusharto, H. 2007. Pengaruh Gradasi Agregat Terhadap Perilaku Campuran Beton Aspal.
Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan No. 1, Volume 9 Januari 2007. Semarang: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES).
Soehardi, F. 2017. Perbandingan Kadar Aspal Hasil Ekstraksi Pada Campuran Aspal AC-BC. Pekanbaru: Program Studi Teknik Sipil, FT, Universitas Lancang Kuning.
Sukirman, S. 1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan.Cetakan ke-tiga. Bandung: Nova.
Suryadharma dan Susanto, 2012, “Rekayasa Jalan Raya”, Universitas Atmajaya Yogya.
Ariawan, 2010, Pengaruh Gradasi Agregat Terhadap Karakteristik Campuran Laston, Jurnal Rekayasa Sipil Universitas Udayana, Denpasar
DOI: https://doi.org/10.36355/jkts.v3i1.777
Copyright (c) 2022 Jurnal KOMPOSITS
Jurnal Komposits, Online ISSN 2721-7256 (Online) is Published by Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muara Bungo
 
.png)
