Pengaruh Cita Rasa, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian UMKM Bubur Ayam di Kabupaten Tebo

Agamoris Ma’ruf Abiddin, Isman i, Nur Ika Effendi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Penggaruh Cita Rasa, Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan UMKM Bubur Ayam Agam Jaya 234 Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo secara persial dan simultan. Teknik penarikan sampel yaitu metode Accidental Sampling, dengan jumplah sampel 96 orang pelanggan bubur ayam agam jaya 234. Hasil Y = 4,063 + 0,497X₁ + 0,161X₂ + 0,257X₃ + e. dari uji persial menunjukan bahwa Variabel Cita Rasa, Lokasi Dan Harga Berpengaruh Seknifikan Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Bubur Ayam Agam Jaya 234, Berdasarkan Uji Secara Simultan Menunjukan Bahwa Fhitung (22,789) > Ftabel (2,70). Artinya Semua Variabel Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Bubur Ayam Agam Jaya 234. Berdasarkan hasil menunjukan R square Hasil Uji Determinasi pada tabel 4.26 menunjukan nilai R Square sebesar 0,426 atau 42,6 %. Dapat dijelaskan bahwa variabel X1 (Cita Rasa), X2 (Lokasi) dan X3 (Harga) memiliki kontribusi dalam mempengaruhi variabel Y (Keputusan pembelian pelanggan) sebesar 42,6%   dan sisanya 57,4% dapat dijelaskan factor-faktor lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini.

Keywords


Cita Rasa; Harga; Lokasi Keputusan Pembelian; UMKM

References


Algerio, M. (2022). Pengaruh Keanekaragaman Produk, Cita Rasa, Lokasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Ippo Fried Chicken (Studi Kasus Pada Konsumen IPPO Fried Chicken, Di Bekasi Utara) (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).

Elsa, A. P. (2017). Pengaruh Pelayanan Dan Citarasa Sop Ayam Pak Min (Ragil) Klaten Terhadap Kepuasan Pelanggan (Doctoral Dissertation, Universitas Widya Dharma).

Effendi, N. I., Harahap, D. F., Nelvia, R., & Marthika, L. D. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM di Kabupaten Bungo. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1(3), 469–480. Retrieved from https://journal.formosapublisher.org/index.php/fjmr

Effendi, N. I., Suliska, G., Marthika, L. D., Ferdian, T., & Wineh, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk UMKM Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Digital Marketing dengan Graphic Designer Software Canva. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(1), 643–653. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6574

Firmansyah, H., Djuniardi, D., Kurniawati, E., Caroline, Magfirah, N., & Effendi, N. I. (2021). Menakar Ekonomi di Era Pandemi Covid 19 dan New Normal (1st ed.; M. Sari & M. Kurdi, eds.). Cirebon: Insania. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=XYZZEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PR1&dq=penerbit+insania&hl=en&source=newbks_fb&redir_esc=y#v=onepage&q=penerbit insania&f=false

Heryana, N., Lokollo, L., Ristiyana, R., Effendi, N. I., Manoppo, Y., Khaerani, R., & Seto, A. A. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif: dengan Aplikasi IBM SPSS (N. Mayasari (ed.); Pertama). Get Press Indonesia.

Husna, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga, Kualitas Produk Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Ayam Geprek Warung Endus Sibuaya. Jurnal Manajemen Akuntansi (Jumsi), 1(3), 311-320.

Iis Qoimatul Ummah, E., Subhan, S., & Ismail, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Cita Rasa, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Iggo (Iwan Goreng-Goreng) (Doctoral Dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Indrayani, P., & Syarifah, T. (2020). Pengaruh Harga, Cita Rasa, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kue Pia Fatimah Azzahra Di Kecamatan Tanjung Tiram. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains, 2(1),

Kharimah, N., & Syarifah, T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayan, Harga, Cita Rasa, Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bakso Puad Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Jurnal Sains Ekonomi (Jse), 2(1), 22-32.

Meiliana, C., & Yani, M. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Batu Mandi Di Sampit. Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan), 6(2), 80-92.

Muslimin, D., Nurcholis, M., Effendi, N. I., Simarmata, N., Ritiyana, R., & Langelo, W. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (N. Mayasari (ed.); 1st ed.). Get Press Indonesia.

Suyati, H., Firmansyah, H., Effendi, N. I., Nurhmahadi, Rachmawati, E., Febrianto, H. G. C., Aradea, R., Sugiyani, Djuniardi, Fitriana, A. I., Pratama, F. A., Retnandari, S. D. N., Sudirjo, F., & Jatmiko, U. (2021). Teori dan Konsep Kewirausahaan (Mansur & Srikalimah (eds.); 1st ed.). Insania.

https://books.google.co.id/books?id=Z4ZZEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=fro ntcover&pg=PR1&dq=penerbit+insania&hl=en&source=newbks_fb&redir_esc=y #v=onepage&q=penerbit insania&f=false

Wulandari, E. E. P. (2021). Pengaruh Lokasi, Inovasi Produk, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eleven Cafe Di Kota Bengkulu. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 74-86.




DOI: https://doi.org/10.36355/jms.v3i1.1832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter