PENGARUH DESAIN PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Sepeda Motor Matic Yamaha FinoKecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo)
Abstract
Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh desain produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Populasi ini dalam penelitian ini sebanyak 66.830 jiwa dan sampelnya sebanyak 100 konsumen. Metode pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel desain produkdan promosiberpengaruh berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian padakonsumen Sepeda Motor Matic Yamaha Fino Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Hasil uji F, menunjukkan bahwa desain produk dan promosi berpengaruh signifikan secara bersama sama terhadap keputusan pembelian padakonsumen Sepeda Motor Matic Yamaha Fino Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.Dan hasil analisis regresi linier bergandadiperoleh persamaanyakniY = 4,163 + 0,627 X1 + 0,892 X2 + e.
Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2) (adjusted R-square) yakni sebesar 0,679. Hal ini berarti bahwa desain produk (X1) dan promosi (X2) berkontribusi terhadap keputusan pembelian (Y) Sepeda Motor Yamaha Fino di Rimbo Bujang Kabupaten Tebo sebesar 67,9%. Dan sisanya sebesar 32,1% keputusan pembelian (Y) Sepeda Motor Yamaha Fino di Rimbo Bujang Kabupaten Tebo dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya di luar dari penelitian ini.
Kata Kunci: desain produk, promosi,keputusan pembelian
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36355/jms.v1i1.477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Sains