PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA USERS DI KABUPATEN BUNGO

Hasdani Hasdani, Mohammad Nasir, Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


Persepsi kemudahan penggunaan merupakan tingkat keyakinan dari pengguna terhadap suatu usaha dalam menggunakan sebuah sistem. Shopee merupakan salah satu marketplace terkemuka yang dluncurkan sejak tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan aplikasi Shopee terhadap keputusan pembelian online pada pengguna (users) di Kabupaten Bungo. Populasi penelitian ini adalah pengguna Shopee yang tidak diketahui jumlahnya. Ukuran sampel sebanyak 110 responden yang ditarik dengan teknik purposive sampling melalui penyebaran kuisioner yang berisi 22 item pernyataan. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh model persamaan Y= 19,281 + 0,456X + e. Untuk hasil uji statistik menunjukkan hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh antara persepsi kemudahan penggunaaan aplikasi Shopee terhadap keputusan pembelian online pada pengguna Shopee di Kabupaten Bungo. Saran yang diberikan pada Shopee yaitu agar dapat mempertahankan dan terus meningkatkan fitur kemudahan penggunaan yang terdapat dalam aplikasi Shopee

Kata Kunci: Persepsi Kemudahan Penggunaan; Keputusan Pembelian Online.

Abstract:  The ease perception user is the level of user confidence towards an effort in using a system. Shopee is one of the leading marketplaces launched since 2015. This research aims to find the influence perception of ease of use of Shopee application on online purchase decisions on users in Bungo Regency. The population in the study was an unknown number of Shopee users. The sample size respondents of 110 with purposive sampling techniques through the dissemination of questionnaires containing 22 statement items. The data analysis method used is simple linear regression. Based on the results of processing data, the equation model Y = 19.281 + 0.456X + e. The results of statistical tests showed the hypothesis received that there is an influence between the perception of ease of use of Shopee application to online purchase decisions on users in Bungo Regency. The advice given to Shopee is to maintain and continue to improve the ease of use features contained in the Shopee application..


Keywords


Perception of Ease of Use; Online Purchasing Decisions

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M., & Muhidin, S. A. (2011). Panduan Praktis Memahami Penelitian (1st ed.). Bandung: CV Pustaka Setia.

Effendi, N. I., Akbar, R. M., & Murni, Y. (2020). Shopping Orientation and Online Trust To Enhance Online Purchase Intentions With Gender Differences As Moderator. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 3(2), 117–126. https://doi.org/10.33005/ebgc.v3i2.124

Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisa, R. (2020). Pengaruh Kualias Produk, Display Layout, dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Ekoimbis Review, 8(2), 149–159.

Furkonudin, Suryadi, E., & Darmanto. (2016). Evaluasi Kualitas Layanan Website E-Commerce Blibli.Com Menggunakan Metode Webqual 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian Online. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016, 7–12.

Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja dan E-promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NCS Surabaya, 4(1), 14–22.

Istianingsih, N., Harahap, E. H., Susriyanti, & Ali, H. (2020). Purchase Intention Model through E-Wom : Social Media Analysis on Purchasing Msmes Products in Bungo Regency. TEST Enginering & Management, 83(9024), 9024–9032.

Joan, L., & Sitinjak, T. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2), 27–39.

Permatasari, C. D. W. (2015). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Resiko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. https://doi.org/10.30587/manajerial.v4i1.310

Prathama, F., & Sahetapy, W. L. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce Lazada. Agora, 7(1), 1–6.

Rafidah, I., & Djawoto. (2017). Analisis Keamanan, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(2), 1–17.

Rahayu, P. D., & Djawoto. (2017). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di TOKOPEDIA. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(10), 1–20.

Sari, C. A. (2015). Perilaku Berbelanja Online di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. AntroUnairdotNet, 4(2), 205–216.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.; Sutopo, ed.). Bandung: Alfabeta.

Wahyuningtyas, Y. F., & Widiastuti, D. A. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Kajian Bisnis, 23(2), 112–120. https://doi.org/10.32477/jkb.v23i2.208

Wardoyo, & Andini, I. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 19(1), 12–26. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i1.5101




DOI: https://doi.org/10.36355/jms.v1i3.614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter