GAYA HIDUP DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK IPHONE DI KABUPATEN BUNGO
Abstract
Manusia terbiasa hidup berkelompok sesuai dengan kelas, dan gaya hidupnya sehingga kebutuhan dan keinginannya juga ikut berbeda, begitu pula pembelian smartphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan citra merek secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian produk smartphone merek iPhone di Kabupaten Bungo. Metode penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif kuantitatif dengan mengambil populasi seluruh konsumen yang membeli smartphone Iphone di Smartphone shop Muara Bungo. Sampel penelitian ditarik menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel gaya hidup (X1) dan variabel citra merek (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian (Y) produk smartphone merek iPhone di Kabupaten Bungo. Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R Square sebesar 0.829. hal ini menunjukan bahwa kontribusi variabel gaya hidup dan citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 82,9%, masuk pada kategori kuat.
People generally live in groups with lifestyles so that their needs and desires are also different, as well as decisions in smartphones. The purpose study was to determine the effect of lifestyle and brand image partially or simultaneously on purchasing decisions for iPhone brand smartphone products in Bungo Regency. The research method used is descriptive quantitative by taking the entire population of consumers who buy iPhone smartphones at the Muara Bungo Smartphone shop. The research sample uses the Slovin formula. The results of this study found that lifestyle variables (X1) and brand image variables (X2) had a positive and significant partial and simultaneous effect on purchasing decisions (Y) for iPhone brand smartphone products in Bungo Regency. The results determination test (R2) coefficient obtained an R Square value of 0.829. The contribution of lifestyle variables and brand image to purchasing decisions is 82.9%, a strong category.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi keli). Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 2). Erlangga.
Kotler, Phillp, & Armstrong, G. (2017a). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 Jilid 2). Erlangga.
Kotler, Phillp, & Armstrong, G. (2017b). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 Jilid 1). Erlangga.
Kotler, Phillp, & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Erlangga.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.
Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya.
Swastha, B. (2016). Manajemen Pemasaran Modern (Edisi Kedu). Liberty.
Tjiptono, F. (2017a). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. ANDI.
Tjiptono, F. (2017b). Strategi Pemasaran (4th ed.). ANDI.
Tjiptono, F. (2018). Service Marketing: Esensi & Aplikasi. Arknesis.
DOI: https://doi.org/10.36355/jms.v2i1.739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.