GANGGUAN BICARA LATAH PADA TATARAN LEKSIKON ( STUDI KASUS PADA YULENA PENUTUR BAHASA BUNGO)

Remi Fitriani

Abstract


Penelitian Neuro-linguistik ini mengkaji tentang salah satu gangguan berbahasa dan berbicara. Salah satunya adalah gangguan psikogenik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menjelaskan tentang bentuk gangguan berbicara latah pada tataran leksikon. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pengumpulan data, penganalisisan data, dan penyajian hasil analisis data. Pengumpulan data, menggunakan metode cakap dan metode simak. Teknik dasar dalam pengumpulan data adalah teknik pancing, diikuti dengan teknik lanjutan, yaitu teknik rekam dan teknik catat. Sementara itu, metode simak menggunakan teknik dasar simak libat cakap (SLC) yang diikuti dengan teknik lanjutan, yaitu teknik catat. Pada tahap analisis data, metode yang digunakan adalah metode padan dan metode agih beserta teknik – tekniknya. Metode padan yang digunakan adalah metode padan translasional dan padan referensial dengan teknik pilah unsur penentu. Metode agih yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik bagi unsur langsung dengan diikuti teknik lanjutan, yaitu teknik sisip dan teknik perluasan. Penyajian hasil analisis data digunakan metode formal dan informal. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa perilaku latah dapat menyebabkan gangguan komunikasi dua arah pada tataran leksikon. Leksikon yang diucapkan oleh yulena pada saat perilaku latah muncul bukanlah leksikon yang seharusnya diucapkan dalam suatu topic sebuah peristiwa tutur. Pengulangan leksikon yang didengar dari lawan tutur, pengucapan leksikon tabu dan pengucapan leksikon secara spontan yang tersimpan di mental leksikon. 


Keywords


neurolinguistik, latah, leksikon

Full Text:

PDF

References


Latah Pada Orang Tua. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Awang, Azarudin dan Che Mat Azman. 2011. “Latah” Phenomenon : A Review Within Malay Culture and Islamic Spiritual. Malaysia : Elixir Literature.

Arifuddin. 2010. Neuropsikolinguistik. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Anggraini, Heni. 2013. Pengembangan self-Control Untuk Mengurangi Reaksi Echolalia Pada Remaja Latah. Jurnal. Sains dan Praktik Psikologi.

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologi ke Arah Model Aplikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik : Kajian Teoretik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Dharmaperwira, Reni I.I. 2004. Gangguan –Gangguan Komunikasi pada Disfungsi Hemisfer Kanan dan Pemeriksaaan Komunikasi hemisfer Kanan. Jakarta : Ikrar Mandiriabadi.

Freud, Sigmund. 1987. Memperkenalkan Psikoanalisa Lima Ceramah Terjemahan oleh K Bertens. Jakarta: PT Gramedia

Fitriani. 2014. Perilaku Latah Pada Remaja. Jurnal. Jakarta : Universitas Gunadarma.

Gerungan, W. A. 2004. Psikologi Sosial. Bandung : Refika Aditama.

Hariyanto, Bambang dkk. 2014. Perilaku Berbahasa Latah Warga Desa Jatigono Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang Sebuah Kajian Psikolinguistik. Jawa Timur : Universitas Jember.

Kenny, Michael G. 1990. “Latah The Logic of Fear". Dalam Wazir Jahan Karim (ed). Emotion of Culture A Malay Perspective. Singapore: Oxford University Press Oxford New York.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik Edisi Empat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kadir, Abdul Hatib. 2009. Menafsir Fenomena Latah Sebagai Emosi Kebudayaan Masyarakat Melayu (Suatu Kajian Antroplogi).Yogyakarta : Psikobuana.

Maramis, W.F.1980. Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlanga Universiy Press.

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta : Raja Grafindo.

Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Prayascitta, Praba kk. 2013. Produksi Kalimat Penyandang Gagap. Jawa Timur: Universitas Jember.

Pamungkas, Sri. 2014. Penggunaan Bahasa pada penyandang latah (Studi Kasus Latah Jember Jawa Timur. Jawa Timur: STKIP PGRI Pacitan.

Ramlan, M. 1987. Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono

Siregar, Purnamasari. 2010. Gangguan Berbicara psikogenik Pada penderita Latah : Tinjauan Psikolinguistik (Kasus Nurbaiti, Nursiah, dan Sri Wahyuni. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Sastra, Gusdi. 2010. Neurolinguistik : Suatu Pengantar. Bandung :Alfabeta.

Sudaryanto. 1988. Metode Linguistik : Bagian Pertama ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Secara Linguistis. Yogyakarta : Duta Wacana University Press. Kenny, Michael G. 1990. “Latah The Logic of Fear". Dalam Wazir Jahan Karim (ed). Emotion of Culture A Malay Perspective. Singapore: Oxford University Press Oxford New York.




DOI: https://doi.org/10.36355/krinok.v7i2.1275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Krinok : Jurnal Linguistik Budaya  online ISSN  2580-0728  is published by English Literary Department- Faculty of Language at University of Muara Bungo