Konsep Pengembangan Sumber Belajar
Budi Setiyawati, Elvi Novaria, Nelsa Harisdayanti
Abstract
Pendidik sebagai pemimpin dalam menyampaikan perintah pendidikan hendaknya mampu mengembangkan materi-materi yang melibatkan sumber daya pembelajaran selengkap mungkin agar dapat memenuhi semua jenis kebutuhan dan permintaan pendidikan. Saat ini ide menampilkan materi mulai tercipta dan dapat menyesuaikan dengan kondisi/waktu. Melalui gagasan penciptaan aset pembelajaran, hal ini akan membawa kita untuk mengetahui secara lebih komprehensif makna, sasaran, dan manfaat aset pembelajaran. Sudut pandang ini sangat menjunjung tinggi kemajuan dalam pengalaman yang semakin berkembang dan ketergantungan terhadap kebutuhan aset pembelajaran tidak dapat dipungkiri dengan alasan bahwa pengertian aset pembelajaran adalah sekumpulan materi/substansi pembelajaran yang disusun secara efisien, mencerminkan keterampilan yang akan dimiliki oleh siswa. mendominasi dalam latihan pembelajaran. Dalam eksplorasi ini, melalui teknik subjektif akan dipahami gagasan penciptaan aset pembelajaran yang mencakup tidak sekedar menunjukkan bagian-bagian yang direncanakan dalam kerangka berpikir untuk memahami/menunjukkan aset yang pada umumnya sarat dengan buku referensi saja. (wajib dan tidak wajib), namun juga individu dan iklim. , komunikasi luas, dan media pembelajaran lainnya untuk membantu memperluas dominasi materi dalam pengalaman yang berkembang.
Keywords
Konsep, Pengembangan Sumber Belajar
References
Aulia Fikri. Konsep-Konsep Pengembangan Layanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus pada Kurikulum 2013. JCOSE. Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Vol. 2, No. 1. 2019.
Cahyadi Ani. Pengembangan Media Dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Banjmasin. 2019.
Harjanto. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta. 2019.
Januszewski, A dan Molenda, M. Educational Technology: A Definition with complementary. New York. 2018.
Muhammad. Sumber Belajar. Jakarta: Sanabil Creative. 2018.
Sitepu B.P. Pengembangan Sumber Belajar. (Jakarta: PT Raja Grafindo. 2014.
Wina Sanjaya. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Media Group. 2008.
Yusufhadi Miarso. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Pustekkom. 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan KITA

This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.