PEMANFATAN LIMBAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT, TANAH HASIL PEMBAKARAN SMELTER NIKEL, DAN AMPAS KELAPA SEBAGAI BAHAN BAKU MEDIA TANAM

irmawati irmawati, Mutiara Ferbri, Sandra Rizki Bainur, Sulastri Sulastri, Rahmanpiu Rahmanpiu

Abstract


Sisa pembakaran smelter nikel mengandung unsur hara seperti magnesium (Mg) 3,94 %, Ca (7,90 %), natrium (Na) 3,14 %, silika (Si) 24,4 %, besi (Fe) 8,60%, alumunium (Al) 23,02 %, sulfur (S) 3,82%, fosfor (P) 0,24 %, dan kalium (K) 1,52%, yang umumnya bersifat alkalis (pH 8-12). Sedangkan secara fisik abu memiliki kemampuan mengikat air tinggi. Disamping itu, kelapa  sawit khususnya di Sulawesi Tenggara terus meningkat dan menghasilkan tandan kosong kelapa sawit (TKKS) sebanyak 220-230 kg. Berdasarkan karakteristik abu smelter nikel dan jumlah TKKS yang melimpah tersebut sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memanfaatkan TKKS dan abu smelter nikel sebagai media tanam. Metode yang dilakukan dalam riset ini yaitu dengan mencampurkan serabut tandan kosong kelapa sawit, abu smelter nikel, ampas kelapa serta orgadec dengan beberapa perbandingan antara TKKS, abu smelter nikel, dan ampas kelapa yang kemudian dianalisis kadar N, P, K dan pH dari pupuk yang dihasilkan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka perbandingan paling optimal diperoleh pada perbandingan 1:1:2 dengan nitrogen 19,66%, fosfor 1,10%, dan kalium 5,19% dan pH 6,63.


Keywords


TKKS, Abu, NPK, Media Tanam

Full Text:

PDF

References


Adi, Winarti, C., dan Warsiyah, W. 2018. Kualitas Pupuk Organik Limbah Ampas Kelapa dan Kopi terhadap Pertumbuhan Tanaman. Jurnal Rekayasa Lingkungan Vol. 18 (2).

Arnesti, T., Nazip, K., dan Santri, D. J. 2015. Ampas Kelapa sebagai Campuran Media Tanam Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatus) dan Aplikasinya sebagai Materi pada Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi: Jurnal Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol. 2 (1).

Destyorini, F., dan Indayaningsih, N. 2017. Pemanfaatan Tandan Kosong Kelapa Sawit sebagai Bahan Baku Kertas Karbon. Jurnal Piston Vol. 1 (2).

Febriana, S., Priyadi, dan Rianida, T. 2021. Pengaruh Aplikasi Abu Terbang Batubara dan Pupuk Kandang sebagai Bahan Amelioran terhadap Pertumbuhan Tanaman Kangkung (Ipomea Reptans Poir). Jurnal Agrotek Tropika Vol. 9 (1).

Indrawan, I. M. O., Widana, G. A. B., dan Oviantari, M. V. 2015. Analisis Kadar N, P, K dalam Pupuk Kompos Produksi TPA Jagaraga, Buleleng. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol. 9 (2).

Kramawijaya, A. G. 2017. Kajian Emisi Partikulat dan Gas dari Suatu Pertambangan Nikel di Halmahera Tengah. Rekayasa Hijau: Jurnal Teknologi Ramah Lingkungan Vol. 1 (2).

Mendrofa, A. N., Gea, N., dan Gea, K. 2023. Pengaruh Pupuk Organik Ampas Kelapa terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Lycopersicum Esculentum Mill). Jurnal Sapta Agrica Vol 2 (1).

Putri, W.Y.E., dan Novi, A. Akumulasi Cu Dan Pb pada Kerang Darah Anadara Granosa yang Berasal dari Perairan Muara Sungai Musi. Jurnal Penelitian Sains Vol. 24 (1).

Rosalina, R., Pracahyani, R., dan Ningrum, N. P. 2020. Uji Kualitas Pupuk Kompos Sampah Organik Rumah Tangga Menggunakan Metode Aerob Effective Microorganisms 4 (EM4) dan Black Soldier Fly (BSF). J. Warta Akab Vol. 44 (2).

Rukmana, A., Susilawati, H., dan Galang, G. 2020. Pencatat pH Tanah Otomatis. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Teknik Elektro Telekomunikasi Indonesia Vol. 10 (1).

Warsito, J., Sabang, S. M., dan Mustapa, K. 2016. Pembuatan Pupuk Organik dari Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit. Jurnal Akademika Kimia Vol. 5 (1).

Wiyantoko, B., Kurniawati, P. dan Purbaningtias, T. E. 2017. Pengujian Nitrogen Total, Kandungan Air dan Cemaran Logam Timbal pada Pupuk Anorganik Nitrogen Phospor Kalium (NPK) Padat. Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 10 (1).




DOI: https://doi.org/10.36355/jsa.v8i2.1168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Sains Agro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JSA (Jurnal Sains Agro)  online ISSN 2580-0744 is published by Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo 

 

View My Stats