https://www.linuxxstore.my.id/ https://www.belajarhtmldancss.site/ https://www.jasadesignwebsite.my.id/ https://www.giaidacbiet.net/ https://www.yosiwarasaiken.net/ https://www.gaetanodonizetti.net/ https://www.rainbowlanding.com/ https://www.vnfosxd.com/ https://www.maxbet55.my.id/ https://www.desakupekalongan.id/ SBOBET
PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MADRAS COFFEE KECAMATAN JANGKAT KABUPATEN MERANGIN | Harahab | JAS (Jurnal Agri Sains)

PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MADRAS COFFEE KECAMATAN JANGKAT KABUPATEN MERANGIN

Delila Fitri Harahab

Abstract


             Pengolahan biji kopi menjadi kopi bubuk dan telah memiliki produk dengan merek “Madras Coffee”.Madras Coffeediolah secara tradisional menggunakan alat sederhana dengan unsur kearifan lokal dan dikerjakan secara gotong royong. Bahanbaku Madras Coffeediperoleh dari hasil panen lahan kebun kopi milik anggota.Coffe madras merupakan komoditi kopi lokal yang berasal dari Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli konsumen Madras Coffee Kacamatan Jangkat Kabupaten Merangin secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dengan sampel sebanyak 97 responden dan menggunakan teknik purposive random sampling, sedangkan metode penelitian menggunakan Regresi Liniear Berganda dengan menguji pengaruh secara parisal maupun simultan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwaPromosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli konsumen Madras Coffee Kacamatan Jangkat Kabupaten Merangin secara parsial maupun simultan.Secara parisial Promosi(X1)berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Madras Coffe dengan t-hitung  2,675 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,985  dan Variabel Kualitas Produk  (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Madras Coffe dengan t-hitung  2,548 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,985 sedangkan secara simultan bahwa Variabel Promosi dan Variabel Kualitas Produk berpengaruh signifikan  dengan nilai F-hitung sebesar 10,939 dan nilai F-tabel lebih besar dari pada nilai F-tabel= 2,70 pada tingkat signifikansi (α) =0,05. nilai koefisien determinasi () sebesar 0,184 yang artinya promosi (X1), kualitas produk  (X2)memberikan kontribusi terhadap minat beli (Y) Madras Coffee sebesar 0,184 artinya promosi (X1) kualitas produk (X2) kopi Madras Coffee berkontribusi terhadap minat beli (Y) 18,4%. Sisanya sebesar 81.6%  dipengaruhi oleh actor lain diluar dari penelitian ini.

Keywords


Promosi, Kualitas Produk , Minat, Coffe Madras

Full Text:

PDF

References


Alma,Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa.Bandung: Alfebeta

Andriyani, Desi. 2017 Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada J-Va Coffee.2017. Phd Thesis. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Arifah, Putri Yaumil. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Minat Membeli Kembali Starbucks Coffee Di Jl. Diponegoro Medan.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta

BPS. 2018. Kabupaten Merangin Dalam Angka 2018. Merangin: Badan Pusat Statistik Kabupaten Merangin. Hal. 164. 6.

Tamtomo, H., Dan Veronika, D. 2018. Meningkatkan Ekspor Dan Daya Saing Biji Kopi Indonesia: Implikasi Strategis Bagi Pengembangan Kopi Lokal Jangkat. Jurnal Development.

BPS. 2018. Provinsi Jambi Dalam Angka 2018. Jambi: Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi Direktur Jenderal Perkebunan. 2017. Statistik Perkebunan Indonesia 2015-2017: Kopi.Jakarta: Kementerian Pertanian.

Fajrina, Chairunnisa. 2018 Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Indomobil Datsun Adam Malik Medan.

Hermanto, Hermanto. 2020. Nainggolan, Nora Pitri. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Aneka Tata Niaga. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science

Iqbal, Muhammad. 2020.Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Keripik Talas “Rat” Di Nagari Lawang Mandahiling Kecamatan Salimpaung..

Kotler Philip Dan Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management. Edisi Ke 15. Penerbit Pearson Education Limited 2016..

Kotler Philip, Dan Gary Amstrong. 2015. Marketing An Introducing, Global Edition, 12th Edition, Pearson Education

Kotler Philip, Dan Nancy Lee. 2015. Social Marketing, Global Edition 5th Edition, Pearson Education

Kotler, P., & Armstrong, G. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Jakarta: Erlangga.

Kotler, P.,& Keller, K. L.2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks

Lestari, Dyan Ayu. 2021. Pengaruh Persepsi Generasi Langgas Tentang Kualitas, Inovasi,

Harga, Serta Promosi Pada Batik Terhadap Keputusan Pembelian Di Era Digital.Phd Thesis. Universitas Pekalongan.

Mimfta, Pengaruh Kualitas Produk,Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Yamaha(Studi Pada Yamaha Mataram Sakti Muaro Bungo).universitas muaro bungo.

Ningsih, Dwi Nuvia. 2020. Hidayat, Candra Wahyu; Rusno, Rusno. Pengaruh Strategi Promosi Dan Social Media Terhadap Minat Beli Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen,.

Prabowo, A., Dipowiguno, Ratdomopurbo, A. 2018. Seri Kaldera Nusantra Masurai. Jakarta: Badan Geologi Kementerian ESDM.

Purbohastuti,A .W.2017. Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi.Tirtayasa Ekonomika.

S. Siregar, .2016 Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan SPSS Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan SPSS Versi 23..

Septyanoor, Y. D. 2021. Analisis Efektivitas Promosi Terhadap Penjualan Pada Pt. Nusantara Indah Banjarmasin (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab).

Simamora, H. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: YKPN

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan, Penlitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : CV. Alfabeta.

Supratman, H. 2019. Sejarah Perkebunan Kopi Di Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin Tahun 1980-1990. Jurnal Ilmiah Istoria.

Syaifi, Achmad. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung Seri Galaxy Pada Pengunjung Itc Cempaka Mas. Diss. Universitas Negeri Jakarta,.

Satria, Arief Adi. "Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36." Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 2.1 (2017): 45-53.

Tan, D. 2021. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pt Indoland Batam (Doctoral Dissertation, Prodi Manajemen).

Tambunan, Elisabet; Mm, S. E. 2019.Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Mahasiswa Farmasi Pada Kosmetik Wardah Di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah” Integritas”




DOI: https://doi.org/10.36355/jas.v7i1.1067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JAS (Jurnal Agri Sains)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

slot dana

 


JAS (Jurnal Agri Sains) online ISSN 2581-0227 is published by Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo 

slot raffi ahmad 777