STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGROINDUSTRI KOPI BUBUK DI NAGARI KOTO TUO KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor lingkungan internal dan faktor lingkungan eksternal dan merumuskan strategi pengembangan usaha pengolahan kopi bubuk di Nagari Koto Tuo, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar. Metode data penelitian ini dianalisis secara kualitatitf dan kuantitatif dengan menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil penelitian, perumusan strategi yang dihasilkan pada analisis SWOT adalah sebagai berikut : 1) memfasilitasi dalam peningkatan produk dan memperluas pasar yang sudah ada 2) memberdayakan lembaga penunjang dengan melakukan kerja sama dengan dinas terkait dalam memenuhi kebutuhan bahan baku dan melakukan pengolahan dengan teknologi yang lebih maju,3) meningkatkan keterampilan pengolah kopi dalam mengolah dan memproduksi kopi bubuk dengan menggunakan teknologi yang lebih modern, dan 4) memperluas pasar melalui kegiatan promosi untuk bisa bersaing. Sedangkan hasil analisis QSPM, yang menjadi strategi prioritas yaitu strategi kedua yakni memberdayakan lembaga penunjang dengan melakukan kerja sama dengan dinas terkait dalam memenuhi kebutuhan bahan baku dan melakukan pengolahan dengan teknologi yang lebih maju dengan nilai TAS yaitu 6,2. Di samping itu, disarankan membentuk suatu lembaga penunjang yang dapat memfasilitasi pengadaan bahan baku dan mengelola produk hasil olahan kopi bubuk di Nagari Koto Tuo untuk pengembangan usaha serta dibutuhkan suatu teknologi yang tepat guna dan modern sehingga dapat meningkat hasil dan kualitas dalam pengolahan kopi bubuk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriza, Moni. (2017). Sentra Industri Kopi Bubuk Di Nagari Koto Tuo Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar Tahun 1986-2016. Universitas Andalas
Budi, D., Mushollaenim W., Yusianto, Rahmawati, A. (2020). Karakterisasi Kopi Bubuk Robusta (Coffe canephora) Tulungrejo Terfementasi dengan Ragi. Jurnal Agroindustri. Vool 10(2): 129-138.
Hariance, Rika, Faidil Tanjung, dan Rudy. (2016). Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Robusta di Kabupaten Solok. AGRISEP. Vol. 15 No. 1 Hal: 111 – 126.
Hariyati, Y., Sofia, & Sumarno, J. (2013). Pengembangan Agroindustri Pedesaan Berbasis Kopi Menuju Produk Specialty Kabupaten Jember. Laporan Hasil Penelitian Hibah Strategis Nasional. Lembaga Penelitian Universitas Jember.
Hastuty, S. (2017). Identifikasi Faktor Pendorong Alih Fungsi Lahan Pertanian. Prosiding Seminar Nasional 3(1), 253-255.
International Coffee Organization [ICO]. (2019). Historical data total production by all exporting countries. Retrieved August 27, 2019, from
http://www.ico.org/prices/po-production.pdf.
Rangkuti, F. 2018. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Edisi 24. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Santoso, T.I. 2013. Pengaruh Asosiasi Merek, Citra Merek, dan Sikap Merek terhadap Ekuitas Merek. Semarang: BPFE Undip.
Tim Penulis PS, (2008). Agribisnis Tanaman Perkebunan. Jakarta: Penebar Swadaya.
Zaputra, A., Ismayani., Romano. 2015. Strategi Pengembangan Kluster Perkebunan Kopi dan Tebu untuk Pengembangan Ekonomi Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Agrisep. 16 (2): 38-47.
DOI: https://doi.org/10.36355/jas.v7i2.1215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JAS (Jurnal Agri Sains)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

















