FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN TANAMAN HIAS SECARA ONLINE DI KOTA KENDARI

Dimas Muhammad Taufiq, Muhammad Aswar Limi, Agustono Slamet

Abstract


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen saat membeli tanaman hias secara online di Kota Kendari. Penelitian dilakukan pada bulan Mei dan Juni 2022. Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian menggunakan metode pengambilan sampel non-probabilistik (non-probability selection), dengan syarat partisipan harus berdomisili di Kota Kendari dan telah melakukan minimal tiga pembelian toko tanaman online. Analisis regresi linier berganda digunakan dalam analisis data penelitian ini. Beberapa variabel independen atau prediktor termasuk dalam model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, di antara lima faktor independen dalam penelitian ini, hanya variabel perilaku konsumen yang berpengaruh signifikan terhadap variabel pengambilan keputusan.

Kata kunci: Perilaku Konsumen; Pengambilan Keputusan; Belanja Online

 

ABSTRACT

This study aims to identify the variables that affect customer behavior when buying decorative plants online in Kendari City. The study was carried out in May and June 2022. Purposive sampling was utilized to determine the study's sample using a non-probabilistic sampling method (non-probability selection), with the caveats that participants had to live in Kendari City and had made at least three purchases online plant store. Multiple linear regression analysis was employed in this study's data analysis. Multiple independent variables or predictors are included in a multiple linear regression model. The results showed that, among the five independent factors in this research, only the consumer behavior variable significantly influenced the decision-making variables.

Keywords: consumer behavior; decision making; online shopping


Keywords


Perilaku Konsumen; Pengambilan Keputusan; Belanja Online

Full Text:

PDF

References


Asnawati, & Indriastuti, H. (2022). Analisis Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadao Kinerja Pemasaran. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Fadhila, S., Lie, D., Wijaya, A., & Halim, F. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen dan Persepsi Konsumen Terhadap Pengambilan Keputsuan Pembelian Pada Mini Market Mawar Balimbingan. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 8( 1), 53-60.

Fuad, M., H., C., Nurlela, Sugiarto, & Paulus, Y. E. F. (2000). Pengantar Bisnis. PT Gramedia Pustaka Umum.

Ghodang, H., & Hantono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Konsep Dasar & Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur dengan SPSS. In F. Ghodang (Ed.). PT. Penerbit Mitra Grup.

Indonesia, L. P. E. (2021). Ekspor Tanaman Hias Indonesia Naik 69,7% Selama Pandemi. Retrieved 27 Februari 2022, from https://indonesiaeximbank.go.id/news/detail/ekspor-tanaman-hias-indonesia-naik-69-7-selama-pandemi

Kendari, B. K. (2022). Kota Kendari dalam Angka 2022. BPS Kota Kendari.

Masruroh, L. R., & Suprapti, I. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Tradisional Madura. Agriscience, 1(1).

Panjawa, J. L., & Sugiharti, R. R. (2021). Pengantar Ekonometrika Dasar Teori dan Aplikasi Praktis Untuk Sosial-Ekonomi. Penerbit Pustaka Rumah C1nta.

Poltak, H., Sumarsih, Hastutik, S., Sartika, D., Hasan, M., Wardhana, A., . . . Gunaisah, E. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi Pada Era Digial). Penerbit Media Sains Indonesia.

Pratama, I., & Rahmidani, R. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sulaman Khas Kota Padang. EcoGen, 3 (1).

Pua, S. P., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2022). Analisis Pengaruh Sikap Generasi Milenial Terhadap Minat Beli Online (Studi Kasus Pada Marketplace Facebook). JIAGABI, 11(1), 40-47.

Purnomo, A. K. (2019). Pengolahan Riset Ekonomi Jadi Mudah dengan IBM SPSS. CV. Jakad Publishing Surabaya.

RI, B. (2020). Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19. BPS RI.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish.

Rudy, I., Khanti, L., Amanda, S., Ita Musfirowati, H., Muhammad, H., Kurniawan Prambudi, U., . . . Diana, T. (2021). Perilaku Konsumen. Widina Media Utama.

Setyani, E. (2015). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Alat Tulis Hadi Sutrisno Putra 2 Limpung. Jurnal Ilmu Ekonomi Islam.

Siregar, S. (2017). Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi. KENCANA.

Tambayong, K. (2021). Ini Alasan Tren Tanaman Hias Meningkat di Tengah Covid-19 [Interview]. https://economy.okezone.com/read/2021/05/21/455/2413497/ini-alasan-tren-tanaman-hias-meningkat-di-tengah-covid-19

Tenggara, B. P. S. (2017). Statistik Produksi Tanaman Hortikultura di Sulawesi Tenggara. Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tenggara.

Tenggara, B. P. S. (2018). Staistik Produksi Tanaman Hortikultura di Sulawesi Tenggara 2018. Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tenggara.

Tenggara, B. P. S. (2019). Statistik Produksi TANAMAN Hortikultura di Sulawesi Tenggara 2019. Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tenggara.

Tenggara, B. P. S. (2020). Statistik Produksi Tanaman Hortikultura di Sulawesi Tenggara 2020. Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tenggara.

Zuhri, A. S. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Minimarket Alfabeta Poncokusumo. Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16783




DOI: https://doi.org/10.36355/jas.v6i1.842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAS (Jurnal Agri Sains)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

slot dana

 


JAS (Jurnal Agri Sains) online ISSN 2581-0227 is published by Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo 

slot raffi ahmad 777

Slot gacor

https://bkmchughlaw.com/

https://countersatisfiable.org/

BRI303

https://www.thebutterflysoup.com/

POSKOBET

SUNDA787

https://disdiktanjabbar.org/