PENGARUH HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN AYAM BROILER DI KOTA TALUK KUANTAN KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

mahrani rani

Abstract


Abstrak

Setiap usaha tidak akan lepas dari peningkatan dan penurunan volume penjualan. Meski demikian baik menurun ataupun meningkatnya volume penjualan yang dihadapi harus dapat diatasi, sehingga segala sesuatunya dapat berjalan sesuai harapan. Penetapan harga merupakan keputusan pemasaran yang sangat menentukan, karena berpengaruh besar terhadap hasil penjualan. Tingkat harga itu sendiri sangat berpengaruh terhadap volume penjualan, yaitu melalui mekanisme fungsi permintaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap volume penjualan di wilayah Kota Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi. Fokus penelitian adalah pada usaha peternakan ayam potong skala mikro dan kecil yang aktif di wilayah tersebut. Penelitian mencakup analisis data primer dan sekunder  menggunakan dua variabel yaitu harga ayam broiler dan volume penjualan. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan mulai bulan februari  sampai bulan juni 2025, yang mencakup data lapangan, pengolahan data dan penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata harga ayam broiler adalah Rp 27.888,89 dengan rata rata volume penjualan sebanyak 73,1 kg/hari. Hubungan harga terhadap volume penjualan ayam broiler adalah sebesar 0,062. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,04 yang berarti variabel harga ayam broiler berpengaruh sebesar 0,04% terhadap variabel Volume penjualan ayam broiler, dan sisanya sebesar 99,06% dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresi diperoleh sebagai berikut, Y = 7,568 – 0,321X.

 

Kata kunci : Broiler, Harga Jual, Volume penjualan

 

Abstract

Every business will inevitably experience fluctuations in sales volume. However, whether sales volume decreases or increases, these fluctuations must be managed so that everything runs as expected. Pricing is a critical marketing decision because it has a significant impact on sales results. The price level itself greatly influences sales volume through the mechanism of demand. This study aims to determine the effect of price on sales volume in the Teluk Kuantan City area, Kuantan Tengah Subdistrict, Kuantan Singingi Regency. The focus of the study is on micro and small-scale broiler chicken farming businesses active in the area. The research includes analysis of primary and secondary data using two variables: broiler chicken price and sales volume. The study was conducted over a four-month period from February to June 2025, encompassing field data collection, data processing, and the preparation of the research report. The results indicate that the average price of broiler chickens is Rp 27,888.89, with an average sales volume of 73.1 kg/day. The relationship between price and sales volume of broiler chickens is 0.062. The coefficient of determination (R²) is 0.04, meaning that the broiler chicken price variable influences 0.04% of the broiler chicken sales volume variable, with the remaining 99.06% influenced by other factors. The regression equation is obtained as follows: Y = 7.568 – 0.321X.

 

Keywords: Broiler, Selling Price, Sales Volume

 


Keywords


Broiler, Selling Price, Sales Volume

Full Text:

PDF

References


Antyadika. B. E, 2012. Analisis Pengaruh Lokasi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Wong Art Bakery&Cafe Semaran). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang

Downey, W.D dan Erickson, S.P. 1992. Manajemen Bisnis. Erlangga, Jakarta.

Downey, W.D dan Erickson, S.P. 1993. Manajemen Bisnis. Edisi Kedua. Erlangga, Jakarta.

Fitriah, A. 2013. Pengaruh Harga Jual dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan Telur Itik Di Kota Makassar.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang : Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Gujarati Damodar N. 2007. Dasar – Dasar Ekonometrika. Edisi Ketiga

Hamida. 2012. Pengaruh Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Pedagang Pengecer Ayam Buras Di Makassar

Sugiono. 2000. Statistika Untuk Penelitian. ALFABETA, Bandung

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung

Afabeta Swastha, 2000, Manajemen Penjualan, Yogyakarta: Penerbit BPFI.

Swastha, 2000. Manajemen Penjualan. Universitas Gadjah Mada Press. Yogyakarta.

Tjipton, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3, Andi: Yogyakarta.

Susanti, ambarwati, Ali, suhartina, nasution, RH, 2017. Pengaruh Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Ayam Broiler Pada Pedagang Pengecer Di Pasar Tinambung Kabupaten Polewali Mandar, Jurnal SAINTEK Peternakan dan Perikanan Vol. 1 (2) Desember 2017 : 1-10




DOI: https://doi.org/10.36355/sptr.v7i2.1827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter